PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF BAHASA INDONESIA MELALUI PERTANYAAN TERSTRUKTUR DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rina Rosiana

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.11

Keywords:

kemampuan, menulis, paragraf, bahasa Indonesia, pertanyaan terstruktur

Abstract

Untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf khususnya mata pelajaran Bahasa
Indonesia perlu adanya upaya yang jelas. Salah satu upaya tersebut adalah dengan
menggunkan pertanyaan terstruktur. Permasalahan penelitian dapat dirumuskan sebagai
berikut: Apakah pemberian pertanyaan terstruktur dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf Bahasa Indonesia siswa kelas VI SDN Karang Asih 06 Cikarang Utara?. Tujuan penelitian tindakan ini adalah 1) Mengetahui pengingkatan kemampuan menulis paragrafbsingkat Bahasa Indonesia dengan menggunakan pertanyaan terstruktur siswa kelas VI SDNbKarang Asih 06 Cikarang Utara; 2) Meningkatkan keterampilan guru dalam mengembangkan dan memvariasikan metode pembelajaran. Adapun metode penugasan dengan latihan-latihan membuat paragraf. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk: (1.) Mengetahui peningkatan kemampuan menulis paragraf singkat bahasa Indonesia dengan menggunakan pertanyaan terstruktur siswa kelas VI SDN Karang Asih 06, (2.) Meningkatkan keterampilan guru dalam mengembangkan dan memvariasikan metode pembelajaran. Melalui hasil penelitian yang dilakukan dapat ditunjukkan bahwa melalui pertanyaan terstruktur dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf bahasa Indonesia. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan pada masing-masing siklus.

References

Badudu, J. S. 1971. Pelik-pelik Bahasa

Indonesia. Pustaka Prima: Bandung.

.1984. Inilah Bahasa

Indonesia yang Benar. PT Gramedia: Jakarta.

Kridalaksana, Harimurti. 1985. Fungsi

Bahasa dan Sikap Bahasa. Edisi

kedua. Nusa Indah: Flores.

Nasution, S dan M. Thomas. 1988. Buku

Penuntun Membuat Tesis, Skripsi,

| P e d a g o g i a n a

Disertasi, dan Makalah. Bumi Aksara: Bandung.

Published

2020-09-21

How to Cite

Rosiana, R. R. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF BAHASA INDONESIA MELALUI PERTANYAAN TERSTRUKTUR DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pedagogiana, 8(4). https://doi.org/10.47601/AJP.11