MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN RUANG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KARANG ASIH 04 KECAMATAN CIKARANG UTARA KABUPATEN BEKASI

Authors

  • Hendrawati

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.15

Keywords:

hasil belajar, volume bangun ruang

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media dalam pembelajaran matematika siswa kelas VI SD Negeri Karang Asih
04. Penelitian termasuk Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Karang Asih 04 pahun pelajaran 2018 / 2019
yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 17 siswa siswa putra dan 15 siswa putri, seorang guru
kelas, dan seorang observer. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam
penelitian ini adalah teknik observasi dan tes. Data yang diperoleh berupa hasil tes dan hasil
observasi sebagai data pendukung. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan deskripsi
kualitatif untuk menggambarkan hasil observasi dan deskriptif kuantitatif untuk
menggambarkan persentase hasil tes pada masing-masing siklus. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pemanfaatan alat peraga bangun ruang dapat meningkatkan kualitas
pembelajaran Matematika siswa kelas VI SD Negeri Karang Asih 04. Hasil tes kemampuan
awal menunukkan bahwa dari 32 siswa kelas VI hanya 10 siswa yang sudah dapat dinyatakan
tuntas dalam belajar dengan mendapatkan nilai ≥ 75, sedangkan 22 siswa dinyatakan belum
tuntas belajar dengan nilai ≤ 75 dengan nilai rata-rata 60,47. Dari hasil tersebut berarti belum
sesuai dengan target yang ditetapkan oleh peneliti dengan ketuntasan belajar adalah 75%.
Hasil tes siklus I menunukkan bahwa dari 32 siswa kelas VI hanya 27 siswa yang sudah dapat
dinyatakan tuntas dalam belajar dengan mendapatkan nilai ≥ 75, sedangkan 5 siswa dinyatakan belum tuntas belajar dengan nilai ≤ 75 dengan nilai rata-rata 78,54. Dari hasil
tersebut berarti sudah sesuai dengan target yang ditetapkan oleh peneliti dengan ketuntasan belajar adalah 75%.

References

Abdul Halim. 2002. Matematika Hakikat

dan Logika. Jogjakarta: AR-Ruzz.

Arif.

Sadiman. 1999. Media Pendidikan.

Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arnis amar. 2002. Strategi Pembelajaran.

Jakarta. Kencan Darmansyah. 2006.

Penelitian Tindakan Kelas. UNP.

Dimyati dan Mudjiono.1999. Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka.

Cipta.

Krismanto. 2000. Beberapa

Teknik,Model dan Strategi

Dalam Pembelajaran.

Published

2020-09-22

How to Cite

Hendrawati, H. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN RUANG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KARANG ASIH 04 KECAMATAN CIKARANG UTARA KABUPATEN BEKASI. Jurnal Pedagogiana, 8(4). https://doi.org/10.47601/AJP.15