PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DENGAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KARANG ASIH 04 KECAMATAN CIKARANG UTARA KABUPATEN BEKASI

Authors

  • Masih Masih

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.16

Keywords:

hasil belajar, PAI, Crossword Puzzle

Abstract

Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Dengan Strategi Crosword
Puzzle telah diteliti pada Siswa Kelas VI SD Negeri Karang Asih 04 Kecamatan Cikarang
Utara Kabupaten Bekasi dari tanggal 25 Juli 2018 sampai dengan 26 September 2018.
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana penerapan strategi
Crossword Puzzle dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa kelas VI
SD Negeri Karang Asih 04 dan (2) apakah strategi Crossword Puzzle dapat meningkatkan
hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa kelas VI SD Negeri Karang Asih 04.
Jenis Penelitian ini adalah menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Penelitian ini terdiri dua rangkaian siklus kegiatan dimana setiap siklus meliputi tahapan
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam
penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif yang bersumber dari lembar observasi dan
lembar kerja siswa. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa penerapan strategi Crossword
Puzzle dalam pembelajaran PAI pada kelas VI SD Negeri Karang Asih 04 dapat
meningkatkan peran aktif siswa dalam belajar dan mengurangi kecenderungan guru
mendominasi kegiatan pembelajaran. Hal ini dilihat dari terjadinya peningkatan siswa yang
aktif dari siklus I dengan rata-rata jumlah sswa yang aktif 19 orang dengan persentase
25,34% dan pada siklus II meningkat menjadi 21 orang siswa atau 24,70% dari 25 orang
siswa disamping itu, persentase aktivitas guru meningkat dari skor rata-rata 3,09 (kategori
cukup baik) menjadi rata-rata 3,90 (kategori baik). Selain itu, ketuntasan belajar siswa
melalui strategi Crossword Puzzle menunjukan peningkatan, hal ini tergambar pada Siklus I,
siswa yang tuntas 17 orang atau 68% dan siswa yang belum tuntas 8 orang atau 32%. Pada
siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yakni jumlah siswa yang tuntas 21

References

Daradjad, Zakiah . Ilmu Pendidikan Islam.

Jakarta: Bumi Aksara.1992

Departemen Agama RI. Al-Quran dan

terjemahannya. Surabaya Mekar

Surabaya 2002

Groundy, Shirley dan Stephen Kemmis.

Education Action Research in

Australia. Victoria: Deaken

University. 1990

Hamalik, Oemar. Metode Belajar dan

Kesulitan-Kesulitan Belajar.

Bandung: Tarsito. 1983

Hisyam, dkk. Strategi Pembelajaran di

Perguruan Tinggi. Yogyakarta:

CTSD. 2002

Madya, Suwarsih. Teori dan Praktek

Penelitian Tindakan Action Research.

Bandung: Alfabeta. 2007

Melvin L.Silbermen. Active Learning 101

Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung:

Nuansa. 2006

Muhibbin, Syah. Psikologi Belajar

Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya Wina. Pembelajaran dalam

Implementasi Kurikulum Berbasis

Kompetensi. Jakarta: Kencana, 2006.

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor Yang

Mempengaruhinya. Jakarta: Bina

Aksara. 1998

Sugiharti, Piping. Penerapan Teori

Multiple Intelligence dalam

Pembelajaran Fisika. Jurnal

Pendidikan No.05/Th.IV/Desember

(http:www.yahoo.com,diakses 6

Agustus 2009).

Uhbiyati, Nur. Ilmu Pendidikan Islam.

Bandung: CV Pustaka Setia. 1998

Undang-Undang RI No 20 Tahun .

Bandung: Citra Umbara, 2010

Wibowo Basuki. Mendadah Classroom

Action Research. http//:dc

shared.com/doc/fider

ZY/prevev.html, diakses 07/11/2010.

Published

2020-09-22

How to Cite

Masih, M. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DENGAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KARANG ASIH 04 KECAMATAN CIKARANG UTARA KABUPATEN BEKASI. Jurnal Pedagogiana, 8(4). https://doi.org/10.47601/AJP.16