UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN MELALUI METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI KARANG ASIH 03 KECAMATAN CIKARANG UTARA KABUPATEN BEKASI TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018

Authors

  • Lilis Holisoh SD Negeri Karang Asih 03

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.19

Keywords:

Hasil Belajar, Diskusi

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi
Materi Perkalian Dan Pembagian Pecahan Melalui Metode Diskusi yang berlangsung selama
6 bulan dari bulan Juli sampai dengan Desember 2017 di Kelas V.B SD Negeri Karang Asih
03 Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Metode ini menggunakan Action Research
atau Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri
dari tiga kali pertemuan dan setiap pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu : Perencanaan,
Observasi dan Refleksi. Saat pelaksanaan PTK digunakan Instrumen yang terdiri dari
Instrumen Soal Tes, Lembar Observasi Siswa, Lembar Observasi Guru. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Penerapan Metode Diskusi dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V. B. Sedangkan aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru ada
peningkatan pada siklus II rata – rata sudah baik. Pembelajaran dengan penerapan Metode
Diskusi efektif dalam mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi siswa. Setelah dilaksanakan
kegiatan pembelajaran dengan penerapan Metode Diskusi, adanya peningkatan hasil belajar
mulai dari siklus I dari analisis data ketuntasan belajar siswa, terdapat 25 orang siswa (59,5
%) yang telah tuntas, sedangkan 17 lainnya (40,5 %) belum tuntas. Pada siklus II dari analisis
data ketuntasan belajar siswa, terdapat 34 orang siswa (81 %) yang telah tuntas, sedangkan 8
orang lainnya (19 %) belum tuntas.

References

Arikunto,S., dkk. ( 2006). Penelitian

Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi

Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (1986). Dasar

Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta:

Bumi Aksara,

Arikunto, Suharsimi. (1991). Prosedur

Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineka Cipta.

Dakar, RATNA, W. (1989). Teori –teori

Belajar. Jakarta: Erlangga.

Depdikbud. (1999). Penelitian Tindakan

Kelas, Jakarta : Depdikbud.

Published

2020-09-22

How to Cite

Holisoh, L. (2020). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN MELALUI METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI KARANG ASIH 03 KECAMATAN CIKARANG UTARA KABUPATEN BEKASI TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018. Jurnal Pedagogiana, 8(4). https://doi.org/10.47601/AJP.19