UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS I SDN KARANG ASIH 11 KECAMATAN CIKARANG UTARA KABUPATEN BEKASI

Authors

  • Lilis Sudarmi

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.20

Keywords:

motivasi, metode , IPA,demontrasi

Abstract

Untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraph khususnya mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam perlu adanya upaya yang jelas. Salah satu upaya tersebut adalah dengan
menggunkan pertanyaan terstruktur. Adapun metode penugasan dengan latihan-latihan
membuat paragraf. Penelitian tindakan ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan motivasi siswa
dengan menggunakan alat peraga, (2) Meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode
demonstrasi, (3) Mendeskripsikan cara mengaktifkan siswa melalui Tanya jawab. Melalui
hasil penelitian yang dilakukan dapat ditunjukkan bahwa melalui Upaya Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas I
SDN Karang Asih 11 Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan pada masing-masing siklus. Hasil penelitian adanya peningkatan pada setiap siklusnya, angka rata-rata nilai siswa sebelum perbaikan hanya 69, maka pada perbaikan siklus 1 menjadi 76 dan pada perbaikan siklus 2 naik lagi menjadi 80, hanya terdapat 3 siswa saja atau 10 % yang belum mencapai nilai 70 ke atas. Berdasarkan data tersebut penulis di bantu Supervisor 2 memutuskan bahwa hasil perbaikan pembelajaran siklus 2 ini di anggap sudah optimal, dan tidak perlu lagi mengadakan perbaikan pembelajaran berikutnya karena waktu yang kurang memungkinkan.

References

Hera Lestari Mikarsa, dkk. 2007.

Pendidikan Anak di SD, Jakarta,

Universitas Terbuka.

Prof. Dr. Mohammad Ali, M.Pd. MA,

dkk.2007. Ilmu dan Aplikasi

Pendidikan, Bandung, Tim

Pengembang Ilmu Pendidikan FIPUPI.

Moh. Uzer Usman, 1993. Strategi Belajar,

Jakarta. Universitas Terbuka.

Mulyani Sumantri, Johar Permana, 2001.

Strategi Belajar, Jakarta. Universitas

Terbuka.

Suciati, dkk. 2007. Belajar dan

Pembelajaran @, Jakarta,

Universitas Terbuka

Suprayekti, dkk, 2007, Belajar dan

Pembelajaran 2, Jakarta. Universitas

Terbuka.

Udin S. Winataputra, 2005. Strategis

Belajar Mengajar, Jakarta,

Universitas Terbuka.

Udin S. Winataputra, dkk. 2007. Teori

Belajar dan Pembelajaran, Jakarta,

Universitas Terbuka.

Winarno dan R. Eko Djuniarto, 2003,

Perencanaan Pembelajaran, Jakarta.

Direktorat Tenaga Kependidikan.

Published

2020-09-22

How to Cite

Sudarmi, L. (2020). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS I SDN KARANG ASIH 11 KECAMATAN CIKARANG UTARA KABUPATEN BEKASI. Jurnal Pedagogiana, 8(4). https://doi.org/10.47601/AJP.20