LATIHAN PERMAINAN MENJALA IKAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Acep Ruswan
  • Sofyan Iskandar
  • Mamad Kasmad
  • Mujono

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.21

Keywords:

permainan menjala ikan, kemampuan jasmani, siswa sekolah dasar

Abstract

Kemampuan jasmani merupakan dasar penting untuk membangun kemampuan jasmani seseorang. Dengan memiliki kemampuan jasmani yang baik, maka kemampuan jasmani seseorang akan berjalan baik. Oleh karena itu, kemampuan jasmani harus ditanamkan sejak anak masih usia dini salah satunya usia sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan menjala ikan terhadap kemampuan jasmani siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Populasi dalam peneltian ini adalah siswa kelas IV sampai kelas V sekolah dasar dengan rentang usia 9 sampai dengan 10 tahun. Sampel penelitian ini adalah siswa sekolah dasar sebanyak 60 orang siswa. Penelitian ini bertempat di Sekolah Dasar Negeri 4 Panyindangan Kecamatan sukatani Kabupaten Purwakarta. Instrument pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan motor ability test. Tes digunakan untuk mengukur permainan menjala ikan yang dapat meningkatkan unsure-unsur kemampuan jasmani siswa sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Kemampuan gerak jasmani untuk kelompok siswa sebelum mengikuti permainan menjala ikan secara keseluruhan memperoleh skor rata-rata sebesar 5,85. (2) Kemampuan gerak jasmani untuk kelompok siswa sebelum mengikuti permainan menjala ikan secara keseluruhan memperoleh skor rata-rata sebesar 12,183.

References

Agus Mahendra. (2007). Teori Belajar Mengajar Motorik. Bandung. FPOK UPI.

Aip Syarifuddin dan Muhadi. (1992/1993). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Harsono (1988). Coaching dan Aspek-aspek psikologis dalam Coaching. Jakarta: Penerbit Tambak Kusuma.

Pangrazi & Dauer. (1995). Dynamic Physical Education For Elementry School. Chidren. Massachusetts : by Allyn and Bacon.

Rusli Lutan, Cholik M. Toho. (1996/1997). Pendidiakn Jasmani dan Kesehatan, Depdikbud Dirjen Dikti Bagian Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Rusli Lutan. (1988). Belajar Keterampilan Motorik Pengantar Teori dan Metode. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Rusli Lutan. (2001). Mengajar Penjas Pendekatan Pendidikan Gerak jasmani di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Olaharaga

Downloads

Published

2020-11-11

How to Cite

Ruswan, A. R., Iskandar, S., Kasmad, M., & Mujono, M. (2020). LATIHAN PERMAINAN MENJALA IKAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pedagogiana, 8(4). https://doi.org/10.47601/AJP.21