PENERAPAN METODE INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP BANGUN RUANG

Authors

  • KOMARIAH

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.22

Keywords:

Metode Inkuiri, Hasil Belajar Siswa, Konsep Bangun Ruang

Abstract

Pembelajaran mengenai volume bangun ruang lumayan sulit, ditambah dengan kurang minatnya siswa terhadap pembelajaran matematika dan selalu menganggap sulit pelajaran ini maka dapat mempengaruhi proses KBM dan aktivitas belajarpun sering pasif di dalam kelas. Banyak siswa yang menerima informasi saja, pasif dan hanya disuapi. Judul yang di ambil mengenai “Penerapan Metode Inquiri untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Konsep Bangun Ruang (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Lenggahjaya 01 Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi Tahun Ajaran 2018/2019)”. Agar permasalahan lebih terperinci, maka dibuat dalam bentuk rumusan masalah penelitian sebagai berikut: Apakah Metode Inquiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Bangun Ruang? Banyak yang beranggapan bahwa matematika itu sulit. Hal ini membuat siswa sulit menerima konsep yang diajarkan oleh guru. Anak usia SD harus  memulai pembelajaran dari sesuatu yang konkrit, kemudian sambil dibimbing untuk kearah yang abstrak. Metode inquiri merupakan cara penyajian materi pelajaran yang banyak melibatkan siswa dalam proses-proses mental penemuannya.  Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok agar siswa dapat bertukar pikiran dengan temannya. Penelitian ini diadakan di kelas V SDN Lenggahjaya 01, penelitian ini menggunakan dua siklus, dimana setiap siklusnya ada empat tahapan yaitu perencanaa, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil belajar siswa pada tiap siklusnya mengalami peningkatan. Hal ini diperkuat dengan nilai rerata pretes siklus I 38,52, postes siklus I 62,2. Pada siklus II 83,7. Berdasarkan data observasi aktivitas siswa, pada siklus I siswa masih belum dapat melakukan kegiatan pembelajaran secara penuh, sehingga guru banyak mendominasi kegiatan pembelajaran. Pada siklus II, siswa sudah mulai ada peningkatan aktifitas dalam belajar dan siswa sudah mulai menguasai pembelajaran, artinya siswa lebih mendominasi kegiatan pembelajaran. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu dengan menggunakan metode Inquiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat menggambarkan peningkatan aktivitas siswa dalam kelas.

References

Amri, S dan Ahmadi, K, I. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka

Ariani, N dan Widiastuti, N. (2010). Panduan Pendidik untuk Meningkatkan Mutu Pendidik dalam Pembelajaran Aljabar. Bogor: Multazam Mulia Utama

Djafar, A. (2010). Panduan Pendidik Pendekatan Kontekstual dan Realistik dalam Pengajaran Matematika. Jakarta: Ghina Walafafa

Nurhasanah. (2010). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Luas Bangun Datar dengan Menggunakan Metode Inquiri. Skripsi Sarjana Pendidikan pada Program PGSD FIP UPI Kampus Serang: tidak diterbitkan

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Pusda Karya.

Sugiharto. (2011). Pengertian Aktivitas Belajar. [online]. Tersedia:http://id.shvoong. com/social. Sciences/education/2162643-pengertian-aktivitas-belajar/. [5 Maret 2012]

Suryadi, D. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Imtima.

Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Downloads

Published

2021-01-11

How to Cite

KOMARIAH, H. K. (2021). PENERAPAN METODE INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP BANGUN RUANG. Jurnal Pedagogiana, 8(84). https://doi.org/10.47601/AJP.22