MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU KELAS DALAM MENYUSUN ALAT PENILAIAN PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH

(Penelitian Tindakan Sekolah di SD Negeri Sukalaksana 04 Kecamatan Sukakarya Kabupaten Bekasi Tahun Pelajaran 2018/2019)

Authors

  • MADA SURYAATMAJA

Keywords:

Alat Penilaian, Supervisi Akademik

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti, terdapat temuan masalah dalam penyusunan alat penilaian yang dialami oleh guru kelas SDN Sukalaksana 04. Soal tes yang dibuat guru masih belum memenuhi kriteria penyusunan alat penilaian hasil belajar secara lengkap dan baik. Oleh karena itu dibutuhkan solusi pemecahan masalah tersebut, salah staunya dengan mengoptimalkan supervisi kepala sekolah. Dengan adanya supervisi dari kepala sekolah, guru akan terbantu  untuk menyusun alat penilaian pembelajaran siswa, dengan sungguh-sungguh, dan sebaik mungkin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah, dengan subjek penelitian guru kelas SDN Sukalaksana 04. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru kelas dalam penyusunan alat penilaian pembelajaran siswa yang dilakukan melalui supervisi kepala sekolah tersebut. Hasil nilai alat penilaian (soal tes) yang disusun oleh guru kelas dimulai pra siklus, siklus kesatu sampai ke siklus kedua. Kemampuan guru kelas dalam menyusun alat penilaian berdasarkan data yang diperoleh pada pra siklus nilai rata-rata komponen pelaksanaan proses pembelajaran indikator keberhasilan yang dicapai baru sebesar 56.16%, kemudian pada siklus kesatu nilai rata-rata komponen pelaksanaan proses pembelajaran naik menjadi  74.36% dan pada siklus kedua naik menjadi 85,03%. Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam membina guru untuk meningkatkan kemampuan menyusun alat penilaian hasil belajar siswa, sangat membantu guru dalam menyusun soal tes hasil belajar. Sebab dalam supervisi ini kepala sekolah melakukan pembinaan kepada guru untuk berlatih menyusun soal tes belajar sampai guru benar-benar paham dan cakap dalam membuat soal tes hasil belajar siswa.

References

Arikunto, S. (2004). Dasar-dasar Suvervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas (2001) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas (2007). Permendiknas Nomor 20 tentang Penilaian Pendidikan. Jakarta.

Depdiknas (2007). Permendiknas Nomor 41 tentang Standar Proses Pendidikan

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Jogjakarta: Mitra Cendikia Press.

PP. Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Purwanto. N. (2008). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sudijono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Suhardjono. (2008). Menyusun Usulan Penelitian. Jakarta: Makalah Disajikan pada Kegiatan Pelatihan Tehnis Tenaga Fungsional Pengawas.

Tim Redaksi Nuansa Aulia. (2008). Undang-undang Nomor 14 Tahun 205 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Nuansa Aulia.

Undang-undang Republik Indonesia, (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Usman, U. (9199). Menjadi Guru Profesional. Edisi Kedua. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Wardani, dkk. (2010). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Nontes dalam Pembelajaran Matematika. Jakarta: PMPTK

Downloads

Published

2021-01-13

How to Cite

SURYAATMAJA, M. (2021). MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU KELAS DALAM MENYUSUN ALAT PENILAIAN PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH : (Penelitian Tindakan Sekolah di SD Negeri Sukalaksana 04 Kecamatan Sukakarya Kabupaten Bekasi Tahun Pelajaran 2018/2019). Jurnal Pedagogiana, 8(84). Retrieved from https://jurnalpedagogiana.lkp3i.id/index.php/pedagogiana/article/view/23