PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Authors

  • TABA TABA

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.25

Keywords:

Pembelajaran PKn, STAD, Pemilu

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang pemikiran mengenai perlunya memingkatkan hasil belajar PKn karena penerapan model pembelajaran masih terpusat pada guru dan rendahnya kualitas proses dan hasil pembelajaran PKn masih di bawah KKM, serta aktivitas siswa cenderung pasif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dalam pembelajaran PKn digunakan model pembelajaran tipe STAD pada materi proses Pemilu dan Pilkada. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi,dan refleksi. Hasil belajar PKn peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran STAD di kelas IV SDN Jayabakti 03 Kecamatan Cabangbungin, berdasarkan hasil penilaian dan observasi terhadap pembelajaran dan aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran PKn selama tiga siklus/tiga siklus penelitian, dapat meningkatkan perolehan hasil belajar dan aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran, ini dapat dilihat dari data hasil pos test, baik secara individu maupun nilai rata-rata sudah menunjukan adanya peningkatan. Peningkatan hasil belajar PKn dengan menerapkan Model Pembelajaran STAD dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata tiap siklus yaitu: siklus kesatu 65,00 dan siklus kedua 81,30. Ditinjau dari ketuntasan belajar siklus kesatu baru mencapai 65,22%, dan siklus kedua mencapai menjadi 91,30%. Pada siklus kedua pembelajaran sudah dianggap berhasil mencapai ketuntasan belajar dari batas minimal yang harus dicapai yaitu 85%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dengan penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn pada materi Pemilu dan Pemilukada di kelas VI di sekolah dasar

References

Depdiknas, (2004), Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran. Jakarta, Depdiknas

Herawati, (2004), Penerapan Metode Belajar Secara Kelompok Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa PAda pembelajaran IPS di Kelas III SDN Cijengkol. Skripsi Pada PGSD UPI Bandung: Tidak diterbitkan

Hopkins, (1993), A Teacher’s Guide To Classroom Research, Buckingham- Philadelphia. Open University Press.

Ibrahim dan Karyadi, (1995), Pengembangan Inovasi dan Kurikulum. Jakarta, Universitas Terbuka.

Karto, (2003), Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Pada Mata Pelajaran Matematika. Skripsi Pada PGSD UPI Bandung : Tidak diterbitkan.

Karli dan margaretha, (2002), Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta, Bina Media Informasi.

Kasbolah K., (1998/1999), Penelitian Tindakan Kelas. Malang, Dirjen Dikti.

Kurniawati, (2004), Penerapan Metode Kerja Kelompok Dalam Pembelajaran Pendidikan IPS di SD. Skripsi pada PGSD UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Downloads

Published

2021-01-14

How to Cite

TABA, T. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pedagogiana, 8(84). https://doi.org/10.47601/AJP.25