PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN TENTANG PERAN INDONESIA DI ASIA TENGGARA DENGAN METODE JIGSAW SISWA KELAS VI SDN KARANGREJA 04 KECAMATAN PEBAYURAN

Authors

  • ATENG ABDULAH

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.26

Keywords:

Hasil Belajar, PKn, Metode, Jigsaw.

Abstract

Hasil pembelajaran PKn materi peran Indonesia di Asia Tenggara siswa kelas VI SDN Karangreja 04 masih rendah. Ketecapaian KKM hanya sebesar 33,3%. Pembelajaran yang dilakukan dalam PKn kurang menyentuh ranah afektif dan psikomotor yang juga menjadi hal penting untuk mencapai tujuan pembelajaran Pkn. Berdasarkan masalah tersebut maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan rumusan masalah sebagai berikut “Apakah hasil belajar siswa kelas VI dalam pembelajaran PKn tentang Peran Indonesia di Asia Tenggara dapat ditingkatkan melalui metode jigsaw di SDN Karangreja 04?. Penelitian Tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2016-2017. Subyek penelitian ini adalah kelas VI SDN Karangreja 04. Analisis data yang digunakan  dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yaitu menggunakan tabulasi, diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa . Hal ini dibktikan dengan perolehan nilai rata-rata kelas dan ketercapian KKM yang semakin meningkat dari siklus ke I dan siklus ke II.  Untuk rata-rata kelas meningkat siklus I 79,33 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 89,3. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode jigsaw dapat meningkatkan  hasil belajar siswa kelas VI pada pembelajaran PKn tentang peran Indonesia di Asia Tenggara di SDN Karangreja 04.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Anita Lie. (2008). Cooperative Learning. Jakarta: PT Grasindo.

Burhanuddin TR. (2010). Pendekatan, Metode, dan Teknik Penelitian Pendidikan. Purwakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Dimyati dan Mudjiono.(2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) : Kerangka Dasar. Jakarta: Pusat Kurikulum.

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mihtahul Huda. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Wardani, I.G.A.K. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Winataputra, Udin S. (2012). Pembelajaran PKn di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2021-01-14

How to Cite

ABDULAH, A. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN TENTANG PERAN INDONESIA DI ASIA TENGGARA DENGAN METODE JIGSAW SISWA KELAS VI SDN KARANGREJA 04 KECAMATAN PEBAYURAN. Jurnal Pedagogiana, 8(84). https://doi.org/10.47601/AJP.26