MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMA 5 DI SEKOLAH DASAR MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI

Authors

  • RIMAN

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.27

Keywords:

Hasil Belajar, PKn, Metode, Jigsaw.

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini yaitu proses pembelajaran yang monoton, kurang melibatkan aktivitas siswa dalam melakukan kerja ilmiah yang mengakibatkan siswa jenuh dan kesulitan dalam memahami pelajaran sehingga hasil belajar siswa rendah. Selain itu, konsepsi awal siswa kurang diperhatikan dalam kegiatan belajar mengajar sehingga seringkali terjadi miskonsepsi pada siswa. Metode diskusi dijadikan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.  Rumusan masalah secara umum dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada konsep cahaya dengan menerapkan metode diskusi. Tujuan umum pada penelitian ini adalah  mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada konsep cahaya dengan menerapkan metode diskusi. Penelitian ini memakai metode Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi dalam pembelajaran tema 5 materi sifat-sifat cahaya dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Hasil observasi  yang terdapat pada lembar observasi menunjukkan bahwa aktivitas siswa meningkat tiap siklusnya. Hasil belajar siswapun meningkat yaitu: pada siklus I rata-rata skor hasil belajar siswa sebesar 67.59 dengan ketuntasan belajar 55,56%, dan siklus II meningkat menjadi 78,22 dengan ketuntasan belajar mencapai 85,19%. Kesimpulan yang didapat adalah aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa meningkat dengan menerapkan metode diskusi dalam pembelajaran materi sifat-sifat cahaya. Rekomendasi ditujukan untuk kepala sekolah, guru, dan peneliti selanjutnya, guna memberikan motivasi dan perbaikan untuk meningkatkan mutu pendidikan di masa depan.

References

Arikunto,S., Suhardjono. dan Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Barlia, L. (2009). Teori Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Serang: Royyan Press.

Bell, B. 91995). Children’s Science, Constructivism and Learning in Science. Geelong: Deakin University.

Irawati, Ettik. (2011). Penerapan model Children Learning in Science untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SDN Bandulan 4 Kota Malang. Skripsi. Tidak diterbitkan.

Kardi, S. (2006). Buku Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Depdiknas.

Oky, D. (2010). Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Sekolah Dasar. Jakarta: Yudhistira.

Purwanto, N. (2010). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Rosda Karya Remaja.

Rakhmat, C. dan Solehuddin, M. (2006). Pengukuran dan Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Andira.

Rustaman, Nuryani, dkk. (2009). Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: UT.

Samatowa, U. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sunaryo, K. (2008). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: UPI.

Taufiq, Agus. (2011). Pendidikan Anak di SD. Jakarta: UT.

Wijayanti, Rafika. (2010). Penerapan Model CLIS dengan Menggunakan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman pada Pembelajaran Tik. Skripsi UPI: Tidak diterbitkan.

Downloads

Published

2021-01-14

How to Cite

RIMAN, R. (2021). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMA 5 DI SEKOLAH DASAR MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI. Jurnal Pedagogiana, 8(84). https://doi.org/10.47601/AJP.27