PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI TENTANG MANFAAT PERSATUAN DAN KESATUAN UNTUK MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN MELALUI MODEL NUMBER HEAD TOGETHER DI SDN LENGGAHSARI 02 TAHUN AJARAN 2017/2018

Authors

  • KARNA

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.28

Keywords:

PPKn, Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Number Head Together (NHT),Peserta didik Kelas VI

Abstract

Perbaikan pembelajaran ini dilakukan di kelas VI tentang manfaat persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan kesejahteraan. Masih rendahnya hasil belajar peserta didik dalam materi manfaat persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan kesejahteraan dengan tingkat ketuntasan hanya 27%. Perbaikan pembelajaran bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar peserta didik kelas VI dalam pembelajaran PPKn tentang Manfaat persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan kesejahteraan dapat ditingkatkan melalui model Cooperative Learning tipe Number Head Together (NHT) di SDN Lenggahsari 02. Metode Number Head Together (NHT), adalah prosedur pembelajaran dengan membagi peserta didik menjadi kelompok asal dan kelompok kemudian diberikan lembar kerja untuk didiskusikan oleh kelompok, setelah itu guru akan menyebutkan satu nomor dan yang mempunyai nomor tersebut akan diberikan pertanyaan. Perbaikan pembelajaran mulai dilaksanakan pada  bulan Agustus 2017. Hasil yang diperoleh dari pra siklus nilai rata-rata peserta didik 53,33 menjadi 79,00 pada siklus I dan kemabali meningkat menjadi 83,33 pada siklus II. Berdasarkan ketuntasan KKM, pada pra siklus dari 30 peserta didik sebanyak 8 peserta didik (27%) yang mendapat nilai di atas KKM. Pada siklus I peserta didik yang mencapai KKM 16 peserta didik (53%), pada siklus II peserta didik yang mencapai KKM 24 peserta didik (80%). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Cooperative Learning tipe Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan  hasil belajar peserta didik kelas VI pada pembelajaran PPKn tentang Manfaat persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan kesejahteraan di SDN Lenggahsari 02.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Burhanuddin TR. (2010). Pendekatan, Metode, dan Teknik Penelitian Pendidikan. Purwakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Depdiknas., (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2007). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hatimah, I., Sadri. (2008). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Poerwadarminto, W.J.S. (2007). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ahmad Sabri. (2007). Strategi Belajar Mengajar & Micro Teaching. Ciputat: PT. Ciputat Press

Mulyani Sumantri, Nana Syaodih. (2007). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Miftahul Khairiyah, Rahmat, Ana Ratna Wulan, dkk. (Edisi Revisi 2017). Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema Indahnya Keragaman di Negeriku. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2017.

Downloads

Published

2021-01-14

How to Cite

Karna, K. (2021). PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI TENTANG MANFAAT PERSATUAN DAN KESATUAN UNTUK MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN MELALUI MODEL NUMBER HEAD TOGETHER DI SDN LENGGAHSARI 02 TAHUN AJARAN 2017/2018. Jurnal Pedagogiana, 8(84). https://doi.org/10.47601/AJP.28