PENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANAPELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI SUPERVISI AKADEMIK

Authors

  • EUIS ERNA SURYANI

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.29

Keywords:

Supervisi Akademik, RPP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyususn RPP berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang standar proses dalam perencanaan proses pembealajaran. Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasiaktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kemampuan guru SD di SDN Sukatenang 03 Kecamatan Sukawangi dalam menyusun RPP masih rendah, banyak guru yang belum mampu menyusun RPP dengan sistematika yang lengkap dan sistematis, oleh karena itu perlu sekali diadakan pembinaan melalui supervisi akademik untuk meningkatkan kemampuan guru tersebut dalam menyusun RPP. Supervisi yang dilakukan ini merupakan bantuan, arahan dan bimbingan dari kepala sekolah dasar kepada guru dengan melakukan pembinaan melalui diskusi dengan guru yang menjadi subjek penelitian tentang penyususnan RPP yang baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi yang dilakukan oleh kepala  sekolah terhadap guru dapa tmeningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil penilaian RPP yang dilakukan dalam penelitian selama duasiklus. Kemampuan guru dalam menyusun RPP berdasarkan penilaian setiap komponen RPP guru pada siklus kesatu mencapai nilai rata-rata 74,44%, kemudian pada siklus kedua meningkat menjadi 86,46%. Secara individual pencapaian nilai RPP guru berdasarkan indikator keberhasilan setiap komponen, pada siklus kesatu baru mencapai rata-rata 41,88%, kemudian pada siklus kedua mencapai 89,74%.  Dengan demikian pelaksanaan penelitian ini, telah mencapai keberhasilan sesuai dengan indikator keberhasilan penelitian yang ditentukan oleh peneliti.

References

Arikunto, S. (2004). Dasar-dasar Suvervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

PP. Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Purwanto. N. (2008). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran. Edisi Pertama Cetakan ke-lima. Jakarta: Prenada Media.

Suhardjono. (2008). Menyusun Usulan Penelitian. Jakarta: Makalah Disajikan pada Kegiatan Pelatihan Tehnis Tenaga Fungsional Pengawas.

Suprihatin, T. (2003). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Siswa melalui Pembelajaran Keterampilan Metakognisi dengan Pemecahan Masalah. Bandung: Skripsi Tidak Diterbitkan.

Usman, M.U. (1999), Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Downloads

Published

2021-01-14

How to Cite

SURYANI, E. E. (2021). PENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANAPELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MELALUI SUPERVISI AKADEMIK. Jurnal Pedagogiana, 8(84). https://doi.org/10.47601/AJP.29