PENERAPAN SUPERVISI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN

Authors

  • Warno

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.31

Keywords:

Supervisi Akademik, Alat Evaluasi Pembelajaran

Abstract

Kondisi objektif yang terjadi di sekolah binaan peneliti, kemampuan guru penjaskes masih rendah. Guru belum memahami prinsip-prinsip utama dalam menyusun soal tes hasil belajar yang baik. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti melalui supervisi, soal yang dibuat guru masih belum memenuhi kriteria penyusunan soal tes hasil belajar secara lengkap. Dengan adanya supervisi dari pengawas sekolah, guru akan termotivasi untuk penyusunan alat evaluasi pembelajaran siswa dengan sungguh-sungguh, dan sebaik mungkin. Metode penelitian yang digunakan dalam kajian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian guru SDN Bantarsari 04 Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi yang merupakan sekolah binaan penulis yang bertugas sebagai pengawas sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru dalam penyusunan alat evaluasi pembelajaran melalui supervisi. Hasil observasi pada pelaksanaan penyusunan alat evaluasi pembelajaran siswa dimulai pra siklus sampai ke siklus kedua. Pada pra siklus nilai rata-rata komponen pelaksanaan proses pembelajaran sebesar 56,35%, kemudian pada siklus kesatu nilai rata-rata komponen pelaksanaan proses pembelajaran naik menjadi  75,18% dan pada siklus kedua naik menjadi 82,59%. Penerapan supervisi dalam membina guru untuk meningkatkan kemampuan dalam menyusun soal tes hasil belajar, sangat dimungkinkan kemampuan guru dalam menyusun soal tes hasil belajar, terasah dan mengalami peningkatan. Sebab dalam supervisi ini pengawas sekolah melakukan pembinaan kepada guru untuk berlatih menyusun soal tes belajar sampai guru benar-benar paham dan cakap dalam membuat soal tes hasil belajar siswa.

References

Arikunto, S. (2004). Dasar-dasar Suvervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas (2007). Permendiknas Nomor 41 tentang Standar Proses Pendidikan

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Jogjakarta: Mitra Cendikia Press.

PP. Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Purwanto. N. (2008). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Sudijono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Suhardjono. (2008). Menyusun Usulan Penelitian. Jakarta: Makalah Disajikan pada Kegiatan Pelatihan Tehnis Tenaga Fungsional Pengawas.

Undang-undang Republik Indonesia, (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara

Downloads

Published

2021-01-14

How to Cite

Warno, W. (2021). PENERAPAN SUPERVISI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN . Jurnal Pedagogiana, 8(84). https://doi.org/10.47601/AJP.31