PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BAHASA INGRRIS SISWA SMP MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF

Authors

  • TAMRIN

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.32

Keywords:

Pendekatan Komunikatif, Membaca Pemahaman

Abstract

Permasalahan yang peneliti temukan di kelas IX/A SMP Negeri 1 Cabangbungin, pada proses pembelajaran Bahasa Inggris tentang membaca adalah siswa kurang memahami isi bacaan dengan baik. Permasalahan tersebut peneliti rumuskan kedalam beberapa masalah penelitian yang diantaranya adalah sebagai berikut: Apakah penerapan pendekatan komunikatif dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks bahasa Inggris siswa kelas IX/A SMP Negeri 1 Cabangbungin? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan model PTK yang digunakan adalah model PTK oleh Kemmis dan Taggart. PTK ini dilaksanakan kedalam tiga siklus tindakan, dimana dalam setiap siklusnya terdiri dari rencana, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi dan tes. Hasil penelitian pada tahap pra siklus menunjukan bahwa kegiatan membaca pemahaman belum dilaksanakan secara maksimal dan menarik dalam proses membaca atau menjawab pertanyaan. Hasil observasi pada siklus I kenampakan Ya 50,00% dan Tidak 50,00%, siklus II kenampakan Ya 75,00% dan Tidak 25,00%  dan pada siklus III terjadi peningkatan kenampakan Ya 100,00% dan Tidak 0,00%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu pada siklus I sebesar 66,90, pada  siklus II memperoleh nilai rata-rata 71,20, dan pada siklus III memperoleh nilai rata-rata 80,40, pada setiap siklus pembelajaran mengalami peningkatan prestasi belajar yang cukup baik. Sedangkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus 1 mencapai 55,00% dimana ada 22 siswa yang mencapai nilai KKM. Pada siklus ke-2 sudah mencpai 72,50% dimana ada 29 siswa yang nilainya sudah mencapai KKM. Dan pada siklus ke-3 ketuntasan belajarsiswa secaraklasikal sudah mencapai 87,50% dimana ada 35 siswa yang nilainya sudah mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan komunikatif dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Yaitu siswa aktif dalam membaca wacana,menjawab  pertanyaan, dan menceritakan kembali isi bacaan dengan baik dan benar.

References

Arikunto, Suharsimi. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta : Bumi Aksara

Azies, Furqanul. (1996). Pengajaran Bahasa komunikatif Teori dan Praktik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Cahyani, Isah. (2008). Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Herlina, M. M., (2009). Easy Reader, Metode Cepat dan Mudah Belajar Membaca Bahasa Inggris. Jakarta: Kawan Pustaka.

Resmini, Novi. (2006). Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: Universitas Pendidikan Inggris.

Subana, M. & Sunarti. 2000. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Tampubolon, DP. (2008). Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Guntur, Henry. (2008). Keterampilan Membaca. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. (1979). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2021-01-14

How to Cite

TAMRIN, T. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BAHASA INGRRIS SISWA SMP MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF . Jurnal Pedagogiana, 8(84). https://doi.org/10.47601/AJP.32