PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) SISWA KELAS VI DI SDN JAYABAKTI 01

Authors

  • NURASIAH

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.34

Keywords:

Bahasa Indonesia, Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R), Kelas VI, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian perbaikan pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ciri ciri kalimat efektif pada teks melalui metode pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian perbaikan pembelajaran ini yaitu data dianalisis secara kualitatif atau kuantitatif sesuai dengan jenis data yang terkumpul. Data tentang hasil belajar, yang berupa skor yang diperoleh siswa dari tes yang diberikan, dianalisis secara kuantitatif. Sementara itu, komentar observer (pengamat) terhadap kinerja guru dalam pembelajaran dianalisis secara kualitatif. Penelitian perbaikan pembelajaran ini dilakukan melalui tiga tahap, yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian perbaikan pembelajaran ini yaitu Penggunaan metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi ciri ciri kalimat efektif pada teks. Dimana  pada siswa yang tuntas di pra siklus ada 27% atau 12 siswa, di siklus I meningkat menjadi 76% atau 31 siswa dan kembali meningkat di siklus II menjadi 89% atau 40 siswa yang tuntas.

References

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Winataputra, Udin S dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Isah Cahyani. 2009. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.

Buku Pedoman Guru Tema : Persatuan dalam Perbedaan Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

Buku Siswa Tema : Persatuan dalam Perbedaan Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

T.W Solchan. 2017. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Tanggerang Selatan : Universitas Terbuka 2017

Usin S. Winatapura, dkk. 2014. Pembelajaran PKn di SD. Tanggerang Selatan : Universitas Terbuka 2014

Dr. E. Kosasih, M.Pd. 2014. Strategi Belajar dan Pe,belajaran Kurikulum 2013. Bandung : Yrama Widia, 2014

Downloads

Published

2021-01-14

How to Cite

NURASIAH, N. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) SISWA KELAS VI DI SDN JAYABAKTI 01. Jurnal Pedagogiana, 8(84). https://doi.org/10.47601/AJP.34