MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI SINDANGSARI 03 PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW

Authors

  • SURYATI

Keywords:

IPS, Cooperative Learning Teknik Jigsaw, Siswa Kelas IV

Abstract

Perbaikan pembelajaran ini dilakukan di kelas IV tentang kenampakan alam di Indonesia. Masih rendahnya hasil belajar siswa dalam materi kenampakan alam di Indonesia, yaitu tingkat ketuntasan 33,33%. Perbaikan pembelajaran bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS tentang kenampakan alam di Indonesia dapat ditingkatkan melalui metode Cooperative Learning teknik jigsaw di SDN Sindangsari 03. metode Jigsaw, terdapat kelompok asal dan kelompok ahli. Kelompok asal gabungan dari beberapa ahli. Kelompok ahli yaitu kelompok siswa terdiri dari anggota kelompok asal yang berbeda yang ditugaskan untuk mempelajari dan mendalami topik tertentu dan dijelaskan kepada anggota kelompok asal. Hasil yang diperoleh dari pra siklus nilai rata-rata siswa 52,33 menjadi 66.66 pada siklus I dan menjadi 81.66 pada siklus II. Berdasarkan ketuntasan KKM, pada pra siklus dari 30  siswa sebanyak 10 siswa (33.33%) yang mendapat nilai di atas KKM. Pada siklus I siswa yang mencapai KKM 16  siswa (53.33%), pada siklus II siswa yang mencapai KKM 27 siswa (90.00%). Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Cooperative Learning teknik jigsaw dapat meningkatkan  hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPS tentang kenampakan alam di Indonesia di SDN Sindangsari 03.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Burhanuddin TR. (2010). Pendekatan, Metode, dan Teknik Penelitian Pendidikan.

Purwakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Depdiknas., (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2007). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hatimah, I., Sadri. (2008). Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Poerwadarminto, W.J.S. (2007). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sadjiyo,dkk. (2014). Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Subagyo, P. Joko. (2007). Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Wahyudin, D., dkk., (2007), Pengantar Pendidikan, Jakarta : Universitas Terbuka.

Wardani, I G.A.K., dkk. (2014). Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wycoff, Joyce. (2003). Menjadi Super Kreatif Melalui Metode Pemetaan Pikiran. Bandung: Kaifa.

Downloads

Published

2021-01-14

How to Cite

SURYATI, S. (2021). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI SINDANGSARI 03 PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW. Jurnal Pedagogiana, 8(84). Retrieved from https://jurnalpedagogiana.lkp3i.id/index.php/pedagogiana/article/view/35