UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DENGAN METODA SIMULASI PADA MATERI KURS MATA UANG DI SMPN 3 CIKARANG SELATAN KAB.BEKASI KELAS IX.1 TAHUN PELAJARAN 2018-2019

Authors

  • ARI SETYOWATI

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.36

Keywords:

Pemahaman Peserta Didik, Simulasi, IPS

Abstract

Metode simulasi dipakai untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi kurs mata uang di kelas IX.1 SMPN 3 Cikarang Selatan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Penerapan metode simulasi pada materi kurs mata uang; (2) Meningkatkan pemahaman materi kurs mata uang; (3) Mengetahui dampak dari penggunaan metode simulasi pada materi kurs mata uang pada kelas IX.1 SMPN 3 Cikarang Selatan tahun Pelajaran 2018-2019. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Yang menjadi Populasi siswa SMPN 3 Cikarang Selatan. Sampel  yang digunakan sebanyak 40 siswa. Instrumen yang digunakan instrumen lembar observasi, angket dan lembar evaluasi. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 15 Oktober sampai 29 Oktober 2018, dilaksanakan  dalam 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Tiap siklus terdiri dari 3 x pertemuan, Data aktivitas peserta didik dapat dilihat pada lembar observasi yang diisi oleh 2 orang kolaborator, sedangkan data hasil belajar dapat dilihat pada tabel nilai peserta didik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 51,3% sedangkan rata-rata ulangan harian pada siklus I 63 sedangkan pada siklus II 76 Jumlah peserta didik yang tuntas pada siklus I 21 orang dan pada siklus II 35 orang prosentase ketuntasan klasikal meningkat 35%. Pada akhir pelaksanaan penelitian diadakan angket dengan hasil yang menunjukkan bahwa peserta didik senang dengan penggunaan metode simulasi ini sehingga berdampak pada peningkatan keaktifan, konsentrasi dan semangat belajar peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan metode simluasi dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada materi kurs mata uang di kelas IX.1 SMPN 3 Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi.

References

Nana Sudjana, (1995), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung: Remaja Rosdakarya, hal.24.

Arikunto, (2005), Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta,, hal.51

Anitah, Sri, W, dkk. (2007) Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Krisiyanto, 2011, Pemahaman Konsep,https//krizi.wordpress.com.

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Kencana,2013), hlm. 137.

Nana Sudjana, Dasar-dasar proses belajar mengajar, (Bandung: Sinar Baru Algensindo 2013), hlm. 89.

Fikroturrofiah, (2016),Tingkat Pemahaman Konsep,Eureka Pendidikan.

Alamsyah Said, Andi Budimanjaya, 95 Strategi Mengajar, (Jakarta: Kencana, 2016), hlm.242.

Mas Wedan,Silabus media Pendidikan Indonesia 2016.

Downloads

Published

2021-01-14

How to Cite

SETYOWATI, A. (2021). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK DENGAN METODA SIMULASI PADA MATERI KURS MATA UANG DI SMPN 3 CIKARANG SELATAN KAB.BEKASI KELAS IX.1 TAHUN PELAJARAN 2018-2019. Jurnal Pedagogiana, 8(84). https://doi.org/10.47601/AJP.36