UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP KONSEP BARISAN DAN DERET ARITMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS IX-D SMPN 3 CIBARUSAH KABUPATEN BEKASI

Authors

  • NAUFAL NAUFAL

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.40

Keywords:

Pemahaman Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif STAD

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam kegiatan pembelajaran matematika tentang barisan dan deret aritmatika, sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis melakukan penelitian di SMP Negeri 3 Cibarusah Kabupaten Bekasi. subyek penelitian berjumlah 42 siswa yang duduk dikelas IX-D.  Penelitian menggunakan  Tindakan Kelas dengan 2 siklus, setiap siklus melalui empat tahapan kegiatan yaitu perencanaan,  tindakan, pengamatan, refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan dengan setelah dilakukan tindakan. Sebelum dilakukan tindakan (Pra Siklus) diperoleh rata-rata 54,40. Pada siklus kesatu mencapai rata-rata 71,19 dan Siklus kedua mencapai rata-rata 80,71. Dengan demikian secara statistik terjadi peningkatan yang signifikan pada prosentase proses belajar dan hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan dengan sesudah dilakukan tindakan baik pada siklus kesatu maupun siklus kedua. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerpan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika dari 57,14 % siklus 1 menjadi 88,10 % pada siklus 2, hal ini berarti ada peningkatan sebesar 30,96 % .

References

Anas Sudijono, Pengantar Evaluasi

Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers,

Ngalim Purwanto, Prinsip-Prinsip dan

Teknik Evaluasi Pengajaran,

Bandung: Remaja Rosda Karya,

S. Nasution, Teknologi Pendidikan,

Bandung: CV Jammars, 1999.

Slavin, Robert. E., Educational

Psychology Theory and Practice,

Fourth Edition, Boston, 1994. S

Trianto.(2009). Mendesain model

pembelajaran inovatif - Progresif :

Konsep, landasan, dan

implementasinya pada kurikulum

tingkat satuan pendidikan (KTSP).

Jakarta: Kencana.

W.S. Winkel, Psikologi Pengajaran,

Yogyakarta: Media Abadi, 2009

Briggs, Leslie J. 1977. Instructional

Design,Educational Technology

Publications Inc. New Jersey :

Englewood Cliffs

Published

2021-03-22

How to Cite

NAUFAL, N. (2021). UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP KONSEP BARISAN DAN DERET ARITMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS IX-D SMPN 3 CIBARUSAH KABUPATEN BEKASI. Pedagogiana - Jurnal Pendidikan Dasar, 8(89). https://doi.org/10.47601/AJP.40