PENERAPAN PENDEKATAN LEARNING TOGETHER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI MENGAJAR GURU SMP NEGERI 2 TAMBELANG TAHUN PELAJARAN 2019-2020

Authors

  • YAHYA WINATA

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.42

Keywords:

Pendekatan Learning Together, Kompetensi Mengajar Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan Kompetensi Mengajar Guru SMP Negeri 2 Tambelang, Kabupaten Bekasi dengan menerapkan pendekatan Learning Together. Penelitian dilakukan terhadap  guru- guru di SMP Negeri 2 Tambelang, Kabupaten Bekasi. Penelitian Tindakan Sekolah ini menggunakan teknik eksperimen. Data perkembangan diperoleh melalui observasi dan evaluasi kinerja . Instrumen utama dalam penelitian ini menggunakan  instrumen Lembar Evaluasi dan  Lembar Observasi kinerja. Adanya peningkatan nilai hasil kegiatan pembelajaran . Pada siklus 1 terdapat  rata-rata nilai kegiatan pembelajaran  sebesar 62,30. Pada siklus 2 terdapat nilai rata-rata kegiatan pembelajaran sebesar 71,63  (terjadi peningkatan sebesar 14,97 %). Pada siklus 3 terdapat nilai rata-rata kegiatan pembelajaran sebesar 81,79 (terjadi peningkatan sebesar 31,28 %). Adanya peningkatan hasil kegiatan guru. Pada siklus 1 rata-rata hasil kegiatan guru sebesar 64,87. Pada siklus 2 rata-rata hasil kegiatan guru sebesar 72,22 (terdapat kenaikan 11,33 %). Pada siklus 3 rata-rata hasil kegiatan guru sebesar 85,66 (terdapat kenaikan 32,04 %). Adanya peningkatan hasil kegiatan siswa . Pada siklus 1 terdapat rata-rata hasil kegiatan siswa  sebesar 65,50. Pada siklus 2 terdapat rata-rata hasil kegiatan siswa    sebesar 71,75 (terdapat kenaikan sebesar 9,54 %). Pada siklus 3 terdapat rata-rata hasil kegiatan siswa  sebesar 85,19 (terdapat kenaikan sebesar 30,06 %). Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa Kompetensi Mengajar Guru dapat ditingkatkan dengan menerapkan Pendekatan Learning Together.  Dari Hasil Penelitian Tindakan Sekolah ini, diharapkan dapat dijadikan bahan referensi untuk meningkatkan kompetensi mengajar guru.  Penggunaan Metode Learnign Together dalam meningkatkan Kompetensi Mengajar Guru dapat terus dikembangkan.  Untuk Pengawas Sekolah dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi untuk meningkatkan sarana dan prasarana dalam mencipatakan budaya yang inovatif di tiap sekolah sebagai upaya meningkatkan hasil belajar.

References

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,

Petunjuk Pelaksanaan Proses

Belajar Mengajar, Jakarta. Balai

Pustaka

Felder, Richard M. 20044. Cooperative

Learning in Technical Corse,

(online), (PclldMy %

DocumentCoop % 20 Report.

Hudoyo, H. 1990. Strategi Belajar

Mengajar Matematika. Malang:

IKIP Malang.

Nur, Muhammad. 2006. Pembelajaran

Kooperatif. Surabaya. Universitas

Negeri Surabaya.

Wahyuni, Dwi. 2001. Studi Tentang

Pembelajaran Kooperatif Terhadap

Kinerja Guru Matematika. Malang:

Program Sarjana Universitas

Negeri Malang

Published

2021-03-22

How to Cite

WINATA, Y. (2021). PENERAPAN PENDEKATAN LEARNING TOGETHER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI MENGAJAR GURU SMP NEGERI 2 TAMBELANG TAHUN PELAJARAN 2019-2020. Pedagogiana - Jurnal Pendidikan Dasar, 8(89). https://doi.org/10.47601/AJP.42