DAMPAK NEGATIF GADGET TERHADAP INTERAKSI SOSIAL MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS IX.2 SMPN 1 CIKARANG UTARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • WARIS

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.43

Keywords:

layanan bimbingan kelompok, dampak negatif gadget, interaksi sosial

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguarangi dampak negatif gadget terhadap interaksi sosial di sekolah siswa kelas IX.2 SMPN 1 Cikarang Utara melalui metode pemberian layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas IX.2 SMPN 1 Cikarang Utara di semester 2 tahun pelajaran 2019/2020. Untuk menjawab suatu pernyataan maka peneliti mengambil lokasi di 2 SMPN 1 Cikarang Utara Kabuapten Bekasi Provinsi Jawa Barat, sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa siswa telihat ada dampak negatif gadged terhadap interaksi sosial di sekolah berjumlah 8 siswa kelas IX.2 SMPN 1 Cikarang Utara. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara, wawancaran dengan siswa di kelas 7 yang sering terlambat hadir ke sekolah. Jadi hasil penelitian atau bimbingan kelompok yang diberikan pada siswa adalah siswa yang sering terlambat hadir ke sekolah. Bimbingan kelompok ini dilaksanakan 2 siklus, pada prasiklus ditemuai adanya 6 siswa siswa telihat ada dampak negatif gadged terhadap interaksi sosial. Pada siklus II tidak ditemuai siswa yang terlambat, namunmasih ada siswa yang masih memiliki masalah 0 siswa siswa telihat ada dampak negatif gadged terhadap interaksi sosial, hal ini terjadi karena pengaruh dari teman sebaya, tidak memiliki kesadaran untuk merubah diri menjadi lebih baik, dan memanfaatkan penggunaan gadgat dengan baik sebagai pennjang prestasi belajar. Kesimpulan yang dapat di amil bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok  dapat mengurangi dampak negatif gadged terhadap interaksi sosial di SMPN 1 Cikarang Utara.

References

Ahmadi, Abu. 2004. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta

Basrowi, 2005. Pengantar Sosiologi. Bogor: Ghia Indonesia

Ivana Sarahfebi , Pengaruh Gadget, dalam http://www.authorstream.com/Presentation/ivanasarahfebi2353498 pengaruh-gadget/

Mugiarso, Heru 2009. Bimbingan dan Konseling. Semarang: UPT UNNES Press

Prayitno.(2008).Layanan Bimingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil).Jakarta: Ghalia Indonesia

Romlah, Tatik. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan dan Konseling Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang Press

Soekanto, Soerjono.2005. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Tohirin. 2007. Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi).Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Wibowo, mungin. 2005. Konseling kelompok perkombengan. Semarang:UNNES PRESS

Widiawati, 2014,Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang Anak, Jakarta : Universitas Budi Luhur

Winkel, W. S. 2004. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka

Published

2021-03-22

How to Cite

WARIS, W. (2021). DAMPAK NEGATIF GADGET TERHADAP INTERAKSI SOSIAL MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SISWA KELAS IX.2 SMPN 1 CIKARANG UTARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Pedagogiana, 8(49). https://doi.org/10.47601/AJP.43