PENERAPAN MODEL WORKSHOP UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MENETAPKAN KETUNTASAN BELAJAR MINIMUM (KBM) DI SMP NEGERI 1 SETU, KABUPATEN BEKASI TAHUN PELAJARAN 2019-2020

Authors

  • MOCH MARDYANA HUSNY

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.44

Keywords:

Kinerja guru, Workshop, KBM.

Abstract

Ketuntasan  Belajar Minimum (KBM) adalah nilai minimal yang harus dicapai oleh siswa setelah menempuh pembelajaran. Dengan kata lain, KBM adalah tolak ukur ketuntasan belajar peserta didik. KBM merupakan nilai minimal hasil uji kompetensi yang diberikan oleh guru. Besaran skor KBM ini ditentukan pada awal tahun pelajaran. Jika tidak tercapai maka peserta didik mendapat pembelajaran dan ujian remedial setiap kompetensi dasar yang tidak tuntas. Cara menentukan KBM menggunakan hitungan matematis berdasarkan tiga kriteria. Ketiga kriteria itu adalah input peserta didik, fasilitas dan tingkat kompleksitas materi. Input peserta didik diukur dari nilai rata-rata pada perolehan nilai tingkat sebelumnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam menetapkan KBM melalui Workshop di SMP Negeri 1 Setu, Kabupaten Bekasi dan untuk memenuhi persyaratan angka kredit kenaikan pangkat/golongan dari IVb ke IVc. Dari analisis diperoleh bahwa terjadi peningkatan kesiapan dan kinerja guru dalam menetapkan kriteria ketuntasan minimal dari siklus 1 ke siklus 2. Ketercapaian indikator kinerja terdapat pada tindakan 2.  Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa melalui workshop dapat meningkatkan kinerja guru dalam menetapkan kriteria ketuntasan minimal di SMP Negeri 1 Setu Kabupaten Bekasi. Dengan demikian, dapat disarankan kepada pengawas atau peneliti yang lain bahwa kegiatan workshop dapat dipakai sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kinerja guru  dalam menetapkan  Ketuntasan Belajar  Minimum (KBM ).

References

Daryanto dan Amirono. 2016. Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Depdiknas. 2008. Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal. Bandung: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Faustino Cardoso Gomes. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset.

Fatah Syukur. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan. Semarang : Pustaka Rizki Putra.

Ghodang, H. 2019. Teacher’s Performance Model In Public Senior High School In Medan. International Journal of Education and Research.

Husaini Usman. 2010. Manajemen: Teori Praktik dan Riset Pendidikan (Edisi Tiga). Jakarta: Bumi Aksara.

Jejen Musfah. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Marselur. 2011. Sertifikasi Profesi Guru Konsep Dasar, Problematika, dan Implementasi,. Jakarta: Indeks.

Mutamimah Retno Utami. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru. Diakses dari http://id.shvoong.com /socialsciences/education/ 2113806-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-kinerja/. Pada 27 Februari 2019 Jam 8:13 WIB.

Nurhaji, S., Haryanto. 2015. Penentuan Batas Lulus Pada Kemampuan Minimal Ujian Kompetensi Kejuruan Dengan Metode Standard Setting. Jurnal Evaluasi Pendidikan.

Pitts, R. T., & Naumenko, O.2016. The 2014 Standards for Educational and Psychological Testing:What Teachers Initially Need to Know. Working Papers in Education.

Prayitno. 2013, Kaidah Keilmuan Pendidikan Dalam Belajar dan 7 Pembelajaran jilid 2. Padang: UNP Press.

Rusman. 2011. Model- Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sarjana, S., dan Khayati, N.2016. Pengaruh Etika, Perilaku, Dan Kepribadian Terhadap Integritas Guru. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.

Siagian, S.P. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Sudrajat, Akhmad. 2008. http://akhmadsudrajat. wordpress.com (accesed Desember 2018),

Surya Dharma. 2009. Manajemen Kinerja. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Trimo. 2011. Peningkatan Keterampilan Dasar Mengajar Guru Melalui Supervisi Klinis Di SDN 1 Magelung Kabupaten Kendal. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Zakaria, E., Salleh, F. 2012. Teachers’ Creativity in Posing Statistical Problems from Discrete Data. Scientific Research.

Published

2021-03-22

How to Cite

HUSNY, M. M. (2021). PENERAPAN MODEL WORKSHOP UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM MENETAPKAN KETUNTASAN BELAJAR MINIMUM (KBM) DI SMP NEGERI 1 SETU, KABUPATEN BEKASI TAHUN PELAJARAN 2019-2020. Pedagogiana - Jurnal Pendidikan Dasar, 8(89). https://doi.org/10.47601/AJP.44