UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN SILABUS DAN RPP BERKARAKTER MELALUI SUPERVISI AKADEMIK YANG BERKELANJUTAN DI SMP NEGERI 3 SETU KABUPATEN BEKASI TAHUN PELAJARAN 2019-2020

Authors

  • ZALALUL

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.45

Keywords:

Kompetensi guru, Supervisi kademik, RPP , Silabus.

Abstract

Setiap proses kegiatan pasti selalu meliputi tiga kegiatan utama yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Demikian pula yang terjadi dengan proses belajar mengajar di sekolah. Seorang guru diharuskan melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Proses perencanaan pembelajaran yang harus dilakukan oleh seorang guru meliputi kegiatan utama sebagai berikut membuat program tahunan; silabus; program semester, rencana pelaksanaan pembelajaran, program ulangan/evaluasi.  Dari kelima unsur tersebut di atas, silabus dan RPP merupakan persiapan paling minimal seorang guru ketika hendak mengajar. Berdasar kepada hasil analisa pada tahun pelajaran 2019/2020 di SMPN 3 Setu Kabupaten Bekasi, muncul permasalahan rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus dan RPP.  Untuk meneliti lemahnya kinerja guru dalam hal tersebut, dilakukanlah penelitian untuk melihat sejauhmana langkah supervisi akademik kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi guru dalam penyusunan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.  Supervisi akademik secara berkelanjutan terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP di SMP Negeri 3 Setu Kabupaten Bekasi. Ini terbukti dengan meningkatnya jumlah silabus guru yang baik dari 48% menjadi 56% dan 94% setelah supervisi akademik. Selain itu, jumlah RPP yang berkualitas baik juga meningkat dari 54% menjadi 73% dan 97%. Hal ini terlihat baik silabus maupun RPP yang dikumpulkan guru bersifat original dan guru mampu melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rencana yang dibuat.  Dari hasil perhitungan pada siklus 1 dan Siklus 2, maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa silabus dan RPP yang dikumpulkan guru adalah bersifat original. Hal ini terlihat dengan cukup besarnya guru mampu melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rencana yang dibuat.

References

____________. 2009. Adminstrasi

Pendidikan Kontemporer,

Bandung: Alfabeta.

Ametembun,N.A. 2001. Guru Dalam

Administrasi Sekolah. Bandung:

IKIP Bandung.

Depdiknas. 2010. Modul pelatihan

penguatan kemampuan pengawas

sekolah; supervisi akademik.

Direktorat Tenaga Kependidikan Ditjen

Peningkatan Mutu Tenaga

Pendidik & Tenaga Kependidikan

Yogyakarta.

Dewi Alfiani. 2019. Implementasi

Supervisi Akademik Dalam

Meningkatkan Kompetensi

Pedagogik dan Profesional Guru

(Studi Kasus di SMK PGRI 2

Ponorogo). Skripsi. Ponorogo:

IAIN Ponorogo

Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan

Pembelajaran. Jakarta: Bumi

Aksara.

Haryanto. 2000. Perencanaan

Pengajaran. Jakarta: Rineka

Cipta.

Heri Gunawan.2011. Pendidikan

Karakter. Bandung. Alfabeta.

Kasful Anwar dan Hendra Harmi. 2011.

Perencanaan Sistem

Pembelajaran KTSP. Bandung:

Alfabeta.

Majid, Abdul. 2007. Perencanaan

Pembelajaran: Mengembangkan

Standar Kompetensi Guru.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Maunah. 2009. Supervisi Pendidikan

Islam, Teori dan Praktik.

Yogyakarta: Teras.

Mulyasa, E., 2003. Kurikulum Berbasis

Kompetensi: Konsep,

Karakteristik, dan Implementasi.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nana Sujana et al.. 2011. Buku Kerja

Pengawas Sekolah. Jakarta: Pusat

Pengembangan Tenaga

Kependidikan Kemdiknas.

Piet A. Sahertian. 2010. Konsep Dasar

dan Teknik Supervisi Pendidikan

dalam Rangka Pengembangan

Sumber Daya Manusia, Jakarta:

Rineka Cipta.

Purwanto, M. Ngalim. 2008. Administrasi

dan Supervisi Pendidikan.

Bandung: PT, Remaja

Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2010. Perencanaan dan

Desain Sistem Pembelajaran.

Jakarta: Kencana Prenada Media

Group.

Suharsimi Arikunto. 2004. Dasar-Dasar

Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta

Syaiful Sagala. 2003. Konsep dan Makna

Pembelajaran. Bandung:

Alfabeta.

Usman,2007. Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan. Bandung. Remaja

Rosdakarya

Published

2021-03-22

How to Cite

ZALALUL, Z. (2021). UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN SILABUS DAN RPP BERKARAKTER MELALUI SUPERVISI AKADEMIK YANG BERKELANJUTAN DI SMP NEGERI 3 SETU KABUPATEN BEKASI TAHUN PELAJARAN 2019-2020. Pedagogiana - Jurnal Pendidikan Dasar, 8(89). https://doi.org/10.47601/AJP.45