PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN
DOI:
https://doi.org/10.47601/AJP.46Keywords:
Hasil Belajar IPA, Metode EksperimenAbstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini secara adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV melalui penggunaan metode eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research dengan menyajikan data hasil penelitian secara deskriftif kualitatif berupa pemaparan dari data diteliti saat pelaksanaan tindakan pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Cadassari berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 12 laki-laki dan 14 siswa perempuan. Berdasarkan rumusan masalah dan tujuan yang merupakan langkah awal proses penelitian ini, maka beberapa kesimpulan dan saran-saran yang merupakan implikasi praktis hasil penelitian. Berdasarkan temuan dan pembahasan pada setiap tindakan dalam penelitian hasil penelitian ini dapat dihasilkan penelitian sebagai berikut: (1) Pelaksanaan perbaikan pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Cadassari berdasarkan perolehan nilai rata-rata tes hasil belajar siswa pada siklus kesatu mendapat rata-rata 62.31, dan pada siklus kedua nilai rata-rata 74,62. (2) Ketuntasan belajar siswa secara klasikal juga dapat tercapai sesuai indikator keberhasilan penelitian ini berdasarkan siswa yang mencapai KKM pada siklus kedua sebanyak 23 orang siswa (88,46 %).
References
Departemen Pendidikan Nasional, (2006).
Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Semiawan, C. R. dan Joni, T.R., (1993).
Pendekatan Pembelajaran: Acuan
Konseptual Pengelolaan Kegiatan
Belajar Mengajar Di Sekolah.
Jakarta: Konsorsium Ilmu
Pendidikan Depdikbud.
Sumantri, M dan Permana, J (1998/1999).
Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:
Depdikbud PPGSD IBRD
Undang-Undang Republik Indonesia.
(2003), Sistem Pendidikan
Nasional. Bandung: Citra Umbara.
Uzer Usman, M. (1999). Menjadi Guru
Profesional. P.T. Remaja Rosda
Karya:Bandung
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Pedagogiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.