PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMA 5 SUB TEMA 1 TENTANG SIFAT-SIFAT CAHAYA
DOI:
https://doi.org/10.47601/AJP.48Keywords:
Metode Eksperimen, Hasil Belajar SiswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah: “untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV/A SDN Pangkalan pada pembelajaran tema 5 sub tema 1 pada materi sifat-sifat cahaya dengan menerapkan metode eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach). Subjek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas IV/A sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki, dan 14 siswa perempuan. Instrument penelitian ini berupa; tes hasil belajar, lembar observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan temuan penelitian tindakan kelas di SDN Pangkalan kelas IV/A Kecamatan Bojong, dapat dilihat hasilnya, yaitu : (1) Hasil belajar siswa setelah menggunakan metode eksperimen dalam materi pembelajaran tema 5 sub tema 1 muatan pelajaran IPA tentang sifat-sifat cahaya di kelas IV/A SDN Pangkalan Kecamatan Bojong selama dua siklus penelitian, dapat dilihat dari data tes formatif mencapai nilai rata-rata yang sudah menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata hasil test kondisi awal pembelajaran yaitu 36,67%. Nilai rata-rata tes formatif setiap siklus yaitu pada siklus kesatu 70,67%, dan siklus kedua 75,00%. Secara umum terjadi peningkatan dan telah mencapai ketuntasan belajar. Ketuntasan belajar siklus kesatu baru mencapai 70,00%, dan siklus kedua meningkat menjadi 90,00%. Pada siklus kedua pembelajaran sudah dianggap berhasil mencapai ketuntasan belajar dari batas minimal yang harus dicapai yaitu 85,00%; (2) observasi keaktifan siswa pada pembelajaran siklus kesatu mencapai nilai rata-rata 70,99% (kategori Cukup). Observasi keaktifan siswa pada pembelajaran siklus kedua mencapai nilai rata-rata 78,21% (kategori baik); (3) Siswa merasa senang dan mendapatkan pengalaman baru selama proses pembelajaran berlangsung, siswa merasa lebih tertarik dan tertantang untuk melakukan pembelajaran tema 5 sub tema 1 muatan pelajaran IPA sifat-sifat cahaya dengan melakukan percobaan dan pengamatan. Dalam memahami konsep-konsep materi IPA dengan pembelajaran yang diterapkan oleh guru siswa merasa lebih mudah dan percaya diri untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. Selain itu siswa lebih memahami materi sifat-sifat cahaya dengan melakukan percobaan dan pengamatan. Secara umum penerapan eksperimen dalam pembelajaran tema 5 sub tema 1 muatan pelajaran IPA sifat-sifat cahaya di kelas IV/A SDN Pangkalan mendapat tanggapan yang positif dari siswa.
References
Abadi, I W Y (2008). Model Pembelajaran.
BSNP. (2006). Standar Kompetensi Dasar
Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan
Alam Sekolah Dasar. Jakarta:
Depdiknas
Depdiknas. (2006). Kerangka Dasar dan
Struktur Kurikulum Tingkat
Sekolah Dasar/ Madrasah
Ibtidaiyah. Jakarta: Media Pustaka.
Poedjiadi, A. (2007). Sains Teknologi
Masyarakat. Model Pembelajaran
Kontekstual Bermuatan Nilai.
Rosdakarya. Bandung.
Samatowa, U.(2006). Bagaimana
Membelajarkan IPA di Sekolah
Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Semiawan, C. R. dan Joni, T.R., (1993).
Pendekatan Pembelajaran: Acuan
Konseptual Pengelolaan Kegiatan
Belajar Mengajar Di Sekolah.
Jakarta: Konsorsium Ilmu
Pendidikan Depdikbud.
Sukartini, S.P., dan Baihaqi, MIF., (2007).
Teori Psikologi Pendidikan. Dalam
Ali, M., Ibrahim, R., Sukmadinata,
N.S., Sudjana, D., dan Rasjidin, W
(Penyunting). Ilmu dan Aflikasi
Pendidikan. Bandung: Pedagogiana
Press (Halaman 125-144).
Sukmadinata, N. S. (2004). Metode
Penelitian Pendidikan. Remaja
Rosda Karya
Sumantri, M dan Permana, J (1998/1999).
Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:
Depdikbud PPGSD IBRD.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Pedagogiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.