PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMA 5 SUB TEMA 1 TENTANG SIFAT-SIFAT CAHAYA

Authors

  • LUKMAN SUHERMAN

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.48

Keywords:

Metode Eksperimen, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: “untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV/A SDN Pangkalan pada pembelajaran tema 5 sub tema 1 pada materi sifat-sifat cahaya dengan menerapkan metode eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan  Kelas  (Classroom Action Reseach). Subjek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas IV/A sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki, dan 14 siswa perempuan. Instrument penelitian ini berupa; tes hasil belajar, lembar observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan temuan penelitian tindakan kelas di SDN Pangkalan kelas IV/A Kecamatan Bojong, dapat dilihat hasilnya, yaitu : (1) Hasil belajar siswa setelah menggunakan metode eksperimen dalam materi pembelajaran tema 5 sub tema 1 muatan pelajaran IPA tentang sifat-sifat cahaya di kelas IV/A SDN Pangkalan Kecamatan Bojong selama dua siklus penelitian, dapat dilihat dari data tes formatif mencapai nilai rata-rata yang sudah menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata hasil test kondisi awal pembelajaran yaitu 36,67%. Nilai rata-rata tes formatif setiap siklus yaitu pada siklus kesatu 70,67%, dan siklus kedua 75,00%. Secara umum terjadi peningkatan dan telah mencapai ketuntasan belajar. Ketuntasan belajar siklus kesatu baru mencapai 70,00%, dan siklus kedua meningkat menjadi 90,00%. Pada siklus kedua pembelajaran sudah dianggap berhasil mencapai ketuntasan belajar dari batas minimal yang harus dicapai yaitu 85,00%; (2) observasi keaktifan siswa pada pembelajaran siklus kesatu mencapai nilai rata-rata 70,99% (kategori Cukup). Observasi keaktifan siswa pada pembelajaran siklus kedua mencapai nilai rata-rata 78,21% (kategori baik); (3) Siswa merasa senang dan mendapatkan pengalaman baru selama proses pembelajaran berlangsung, siswa merasa lebih tertarik dan tertantang untuk melakukan pembelajaran tema 5 sub tema 1 muatan pelajaran IPA sifat-sifat cahaya dengan melakukan percobaan dan pengamatan. Dalam memahami konsep-konsep materi IPA dengan pembelajaran yang diterapkan oleh guru siswa merasa lebih mudah dan percaya diri untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. Selain itu siswa lebih memahami materi sifat-sifat cahaya dengan melakukan percobaan dan pengamatan. Secara umum penerapan eksperimen dalam pembelajaran tema 5 sub tema 1 muatan pelajaran IPA sifat-sifat cahaya di kelas IV/A SDN Pangkalan mendapat tanggapan yang positif dari siswa.

References

Abadi, I W Y (2008). Model Pembelajaran.

http://guru-kbm.com

BSNP. (2006). Standar Kompetensi Dasar

Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan

Alam Sekolah Dasar. Jakarta:

Depdiknas

Depdiknas. (2006). Kerangka Dasar dan

Struktur Kurikulum Tingkat

Sekolah Dasar/ Madrasah

Ibtidaiyah. Jakarta: Media Pustaka.

Poedjiadi, A. (2007). Sains Teknologi

Masyarakat. Model Pembelajaran

Kontekstual Bermuatan Nilai.

Rosdakarya. Bandung.

Samatowa, U.(2006). Bagaimana

Membelajarkan IPA di Sekolah

Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Semiawan, C. R. dan Joni, T.R., (1993).

Pendekatan Pembelajaran: Acuan

Konseptual Pengelolaan Kegiatan

Belajar Mengajar Di Sekolah.

Jakarta: Konsorsium Ilmu

Pendidikan Depdikbud.

Sukartini, S.P., dan Baihaqi, MIF., (2007).

Teori Psikologi Pendidikan. Dalam

Ali, M., Ibrahim, R., Sukmadinata,

N.S., Sudjana, D., dan Rasjidin, W

(Penyunting). Ilmu dan Aflikasi

Pendidikan. Bandung: Pedagogiana

Press (Halaman 125-144).

Sukmadinata, N. S. (2004). Metode

Penelitian Pendidikan. Remaja

Rosda Karya

Sumantri, M dan Permana, J (1998/1999).

Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:

Depdikbud PPGSD IBRD.

Published

2021-03-22

How to Cite

SUHERMAN, L. (2021). PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMA 5 SUB TEMA 1 TENTANG SIFAT-SIFAT CAHAYA. Pedagogiana - Jurnal Pendidikan Dasar, 8(89). https://doi.org/10.47601/AJP.48