ANALISIS KEBUTUHAN PELATIHAN STANDAR PENILAIAN BERDASAR PEMETAAN MUTU PENDIDIKAN (PMP) PADA MASA PANDEMI COVID 19 BAGI GURU ASN DAN NON ASN SMPN 4 CIBITUNG

Authors

  • SITI NURCHAYATI

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.49

Keywords:

Pemetaan Mutu, Standar Penilaian Pendidikan, Rapot Mutu

Abstract

Pemetaan Mutu adalah memetakan mutu pendidikan pada satuan pendidikan berdasarkan SNP. Pemetaan mutu dilaksanakan melalui kegiatan evaluasi diri sekolah (EDS) berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Evaluasi Diri Sekolah dimulai dengan penyusunan instrumen, pengumpulan, pengolahan dan analisis data, hingga pembuatan peta mutu. Luaran dari pemetaan mutu adalah: peta capaian standar nasional pendidikan di satuan pendidikan, sebagai baseline, masalah-masalah yang dihadapi, dan rekomendasi perbaikannya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan analisis kebutuhan pelatihan standar penilaian bagi guru ASN dan Non ASN di SMPN 4 Cibitung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Penyebaran instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei tipe cross-sectional. Hasil penelitian menunjukan dari 45 guru sebanyak 1 orang (2,2%) masuk dalam kategori menuju SNP 1, lalu 7 orang (15,6%) masuk dalam kategori menuju SNP 2, sebanyak 24 orang (53,3%) masuk dalam kategori menuju SNP 3, dan ada 13 (28,9%) masuk dalam kategori menuju SNP 4 serta tidak ada guru yang masuk dalam kategori SNP. Guru ASN memperoleh nilai 4,49 (menuju SNP 3) dan guru Non ASN 4,34 (menuju SNP 3). Simpulan dari penelitian ini adalah pemenuhan standar penilaian pendidikan guru ASN dan Non ASN SMPN 4 Cibitung masih berada pada kategori menuju SNP 3 sehingga masih memerlukan peningkatan capaian Standar Penilaian Pendidikan melalui pelatihan

References

Creswell, J.W. (2014). Research design-pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran, edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2020. Perangkat Instrumen Pemetaan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Herliana. Analisis Peta Mutu Pendidikan pada Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Provinsi Aceh. Jurnal Serambi Ilmu, Vol. 19, Nomor 1, Edisi Maret 2018. Universitas Serambi Mekah.

Nanang dan Rusman. Analisis Kebutuhan Pelatihan Standar Penilaian Berbasis Data Pemetaan Mutu Pendidikan PMP) pada Jenjang Sekolah Dasar (SD) di Kota Makasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, Volume 12, Nomor 1, 2019. UNY

Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Pendidik

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar Dan Menengah

Raport Mutu SMPN 4 Cibitung Dinas Kabupaten Bekasi Tahun 2020

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet

Published

2021-03-22

How to Cite

NURCHAYATI, S. N. (2021). ANALISIS KEBUTUHAN PELATIHAN STANDAR PENILAIAN BERDASAR PEMETAAN MUTU PENDIDIKAN (PMP) PADA MASA PANDEMI COVID 19 BAGI GURU ASN DAN NON ASN SMPN 4 CIBITUNG. Pedagogiana - Jurnal Pendidikan Dasar, 8(89). https://doi.org/10.47601/AJP.49