UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMP NEGERI 6 CIKARANG UTARA

Authors

  • NARAWIH SURACHMANSYAH

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.50

Keywords:

Mutu Pembelajaran, Supervisi Akademik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan mutu pembelajaran siswa, meningkatkan minat belajar siswa, dan meningkatkan kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran sehingga sesuai dengan standar yang telah ditetapkan SMP Negeri 6 Cikarang Utara. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi berupa hasil karya penyusunan administrasi mengajar, wawancara dan instrument analisis penilaian. Subyek pada penelitian ini adalah guru SMP Negeri 6 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi, yang terdiri dari 13 orang guru pegawai negeri sipil dan 25 orang guru non-pns. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dapat disimpulkan sebagai berikut; (1) bimbingan berkelanjutan  dapat meningkatkan motivasi guru dalam menyusun administrasi mengajar dengan lengkap dan perencanaan mengajar melalui supervisi akademik sehingga menghasilkan pembelajaran yang lebih bermutu. Guru menunjukkan keseriusan dalam memahami dan menyusun administrasi mengajar apalagi setelah mendapatkan bimbingan pengembangan administrasi mengajar/ RPP dari peneliti sehingga terjadinya peningkatan rata-rata dalam penyusunan administrasi mengajar sebesar 27,91%; (2) kegiatan supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyiapkan perencanaan pembelajaran yang pada akhirnya meningkatkan mutu pembelajaran. Hal itu dapat dibuktikan  dari hasil observasi /pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan  kompetensi guru dalam mengajar dari siklus ke siklus sehingga terjadinya peningkatan rata-rata dalam perencanaan pembelajaran sebesar 17,91%.

References

Arcaro, Jeromes A. (2005). Pendidikan Berbasis Mutu Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan, terj. Yosal Irinatara. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. (2007). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Muhaimin. (2003). Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Pelajar

Nawawi, Hadari. (2003). Manajemen Strategik Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rosdijati, Nani. (2015). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran,2015. Diakses pada tanggal 22 Agustus 2020 dari situs:http://www.lpmjateng.go.id/web /arsip/karya/tulis/ilmiah.

Sagala, Syaiful. (2009). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Cet.II. Bandung: Alfabeta.

Salis, Edward. (2007). Total Quality Management in Education. Yogyakarta: IRCiSoD.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. (2003). Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset.

Zayin,Nur. (2011). Gerakan Menata Mutu Pendidikan, (Yogyakarta: Ar Ruz Media.

Published

2021-03-22

How to Cite

SURACHMANSYAH, N. (2021). UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMP NEGERI 6 CIKARANG UTARA. Pedagogiana - Jurnal Pendidikan Dasar, 8(89). https://doi.org/10.47601/AJP.50