PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF SECARA PERIODIK DI SMP NEGERI 1 SETU KAB. BEKASI

Authors

  • RADEN DIAN NURJANAH

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.51

Keywords:

Kinerja Guru, Supervisi Edukatif Kolaboratif

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif tindakan sekolah yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dan siklus II terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun variabel dalam penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan non tes. Alat yang digunakan dalam pengambilan data berupa instrumen supervisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, kegiatan perencanaan kegiatan belajar mengajar diperoleh data sebesar 89,5%, sedangkan pada tahap pelaksanaan kegiatan belajar mengajar sebesar 65,63%. Pada tahap penilaian hasil belajar diperoleh data sebesar 56,11% dan pada tahap tindak lanjut hasil belajar sebesar 54%. Dari siklus I dapat dilihat bahwa, kemampuan guru dalam tahap pelaksanaan, penilaian dan tindak lanjut masih sangat lemah, di bawah target yang sudah ditetapkan, yaitu sebesar > 75%. Pada siklus II setelah dilakukan tindakan diperoleh data sebesar 92,44% pada tahap perencanaan, 87,27% tahap pelaksanaan, 80,66% pada tahap penilaian, dan 88,8% pada tahap tindak lanjut. Ada peningkatan secara signifikan dari proses yang telah dilakukan, sehingga penelitian ini dihentikan cukup dua siklus karena tingkat ketercapaian yang sudah ditetapkan terlampuai, yaitu > 75%. Dari hasil penelitian tersebut dapat ditarik simpulan bahwa supervisi secara edukatif kaloboratif dapat meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran di kelas

References

Depdiknas. 2003. Undang-Undang

Republik Indonesia Nomor 20

Tahun 2003 Tentang Sistem

Pendidikan Nasional. Jakarta:

Depdiknas

Dirjen Dikdasmen. 2004. Standar

Kompetensi Guru. Jakarta:

Depdiknas

Ondi, Saondi & Aris Suherman. 2010. Etika

Profesi Keguruan. Bandung:

Aditama.

Pidarta. 2004. Manajemen Pendidikan

Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Piet A Sahertian. 2000. Konsep Dasar dan

Teknik Supervisi Pendidikan dalam

Rangka Pengembangan Sumber

Daya Manusia. Jakarta: Rineka

Cipta

Rivai, Veithzal. 2004. Kiat Memimpin

dalam Abad ke-21. Jakarta: CV.

Raja Grafindo Persada.

Sedarmayanti. 2004. “Wacana Kinerja”,

Jurnal Membangun Sistem

Manajemen Kinerja Guna

Meningkatkan Produktivitas

Menuju Good Governance

Published

2021-03-22

How to Cite

DIAN NURJANAH, R. (2021). PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF SECARA PERIODIK DI SMP NEGERI 1 SETU KAB. BEKASI. Jurnal Pedagogiana, 8(49). https://doi.org/10.47601/AJP.51