PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF SECARA PERIODIK DI SMP NEGERI 1 SETU KAB. BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.47601/AJP.51Keywords:
Kinerja Guru, Supervisi Edukatif KolaboratifAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif tindakan sekolah yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dan siklus II terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun variabel dalam penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan non tes. Alat yang digunakan dalam pengambilan data berupa instrumen supervisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, kegiatan perencanaan kegiatan belajar mengajar diperoleh data sebesar 89,5%, sedangkan pada tahap pelaksanaan kegiatan belajar mengajar sebesar 65,63%. Pada tahap penilaian hasil belajar diperoleh data sebesar 56,11% dan pada tahap tindak lanjut hasil belajar sebesar 54%. Dari siklus I dapat dilihat bahwa, kemampuan guru dalam tahap pelaksanaan, penilaian dan tindak lanjut masih sangat lemah, di bawah target yang sudah ditetapkan, yaitu sebesar > 75%. Pada siklus II setelah dilakukan tindakan diperoleh data sebesar 92,44% pada tahap perencanaan, 87,27% tahap pelaksanaan, 80,66% pada tahap penilaian, dan 88,8% pada tahap tindak lanjut. Ada peningkatan secara signifikan dari proses yang telah dilakukan, sehingga penelitian ini dihentikan cukup dua siklus karena tingkat ketercapaian yang sudah ditetapkan terlampuai, yaitu > 75%. Dari hasil penelitian tersebut dapat ditarik simpulan bahwa supervisi secara edukatif kaloboratif dapat meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran di kelas
References
Depdiknas. 2003. Undang-Undang
Republik Indonesia Nomor 20
Tahun 2003 Tentang Sistem
Pendidikan Nasional. Jakarta:
Depdiknas
Dirjen Dikdasmen. 2004. Standar
Kompetensi Guru. Jakarta:
Depdiknas
Ondi, Saondi & Aris Suherman. 2010. Etika
Profesi Keguruan. Bandung:
Aditama.
Pidarta. 2004. Manajemen Pendidikan
Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Piet A Sahertian. 2000. Konsep Dasar dan
Teknik Supervisi Pendidikan dalam
Rangka Pengembangan Sumber
Daya Manusia. Jakarta: Rineka
Cipta
Rivai, Veithzal. 2004. Kiat Memimpin
dalam Abad ke-21. Jakarta: CV.
Raja Grafindo Persada.
Sedarmayanti. 2004. “Wacana Kinerja”,
Jurnal Membangun Sistem
Manajemen Kinerja Guna
Meningkatkan Produktivitas
Menuju Good Governance
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Pedagogiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.