UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DAN MEDIA BENDA ASLI

Authors

  • YETTI HARINI

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.52

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran NHT

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar tabung, kerucut dan bola siswa kelas IX.H  SMP Negeri 6 Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi melalui dengan penerapan strategi pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT  dan media benda asli. Penelitian dilakukan terhadap siswa Kelas IX.H di SMP Negeri 6 Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan teknik eksperimen. Data perkembangan diperoleh melalui observasi sikap dan evaluasi hasil belajar bangun ruang sisi datar Instrumen utama dalam penelitian ini menggunakan  instrumen   lembar observasi . Indikator keberhasilan siswa adalah hasil belajar matematika di atas KKM (75). Rata-rata hasil belajar matematika diawal siklus sebesar 50,93, siklus 1 sebesar 65,17, siklus 2 sebesar 74,80, dan siklus 3 sebesar 80,50. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa hasil belajar Tabung, Kerucut dan Bola  dapat ditingkatkan dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT  dan Media Benda Asli.  Dari Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini, diharapkan dapat dijadikan bahan referensi untuk meningkatkan ketrampilan siswa.  Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT  dalam meningkatkan Hasil Belajar Tabung, Kerucut dan Bola dapat terus dikembangkan. 

References

Arsyad, Azhar. (2008). Media

Pembelajaran. Jakarta: Raja

Grafindo Persada.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain.

(2010). Strategi Belajar Mengajar.

Jakarta: PT Rineka Cipta.

H. E. Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian

Tindakan Kelas, PT. Remaja

Rosdakarya, Bandung.

Ibrahim, R., Nana Syaodih. (2010). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ismail SM. (2009). Strategi

Pembelajaran Agama Islam

Berbasis PAIKEM:

Pembelajaran Aktif, Inovatif,

Kreatif, Efektif, dan

Menyenangkan. Semarang: Ra

Sail Media Group.

Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil

Proses Belajar Mengajar, PT.

Remaja Rosdakarya, Bandung.

Saragih, Sahaat. (2008). Pengaruh

pendekataan Matematika

Realistik terhadap

Kemampuan Berfikir Logis

Siswa Sekolah Menengah

Pertama. Bandung vol. XXXII

No. 1 2008 hal. 4

Published

2021-03-22

How to Cite

HARINI, Y. (2021). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DAN MEDIA BENDA ASLI. Pedagogiana - Jurnal Pendidikan Dasar, 8(89). https://doi.org/10.47601/AJP.52