UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DAN MEDIA BENDA ASLI
DOI:
https://doi.org/10.47601/AJP.52Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran NHTAbstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar tabung, kerucut dan bola siswa kelas IX.H SMP Negeri 6 Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi melalui dengan penerapan strategi pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan media benda asli. Penelitian dilakukan terhadap siswa Kelas IX.H di SMP Negeri 6 Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan teknik eksperimen. Data perkembangan diperoleh melalui observasi sikap dan evaluasi hasil belajar bangun ruang sisi datar Instrumen utama dalam penelitian ini menggunakan instrumen lembar observasi . Indikator keberhasilan siswa adalah hasil belajar matematika di atas KKM (75). Rata-rata hasil belajar matematika diawal siklus sebesar 50,93, siklus 1 sebesar 65,17, siklus 2 sebesar 74,80, dan siklus 3 sebesar 80,50. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa hasil belajar Tabung, Kerucut dan Bola dapat ditingkatkan dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan Media Benda Asli. Dari Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini, diharapkan dapat dijadikan bahan referensi untuk meningkatkan ketrampilan siswa. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dalam meningkatkan Hasil Belajar Tabung, Kerucut dan Bola dapat terus dikembangkan.
References
Arsyad, Azhar. (2008). Media
Pembelajaran. Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain.
(2010). Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: PT Rineka Cipta.
H. E. Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian
Tindakan Kelas, PT. Remaja
Rosdakarya, Bandung.
Ibrahim, R., Nana Syaodih. (2010). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ismail SM. (2009). Strategi
Pembelajaran Agama Islam
Berbasis PAIKEM:
Pembelajaran Aktif, Inovatif,
Kreatif, Efektif, dan
Menyenangkan. Semarang: Ra
Sail Media Group.
Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil
Proses Belajar Mengajar, PT.
Remaja Rosdakarya, Bandung.
Saragih, Sahaat. (2008). Pengaruh
pendekataan Matematika
Realistik terhadap
Kemampuan Berfikir Logis
Siswa Sekolah Menengah
Pertama. Bandung vol. XXXII
No. 1 2008 hal. 4
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Pedagogiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.