PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI PEMBINAAN IMPLEMENTASI MANAJEMEN OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI SMP NEGERI 5 CIKARANG SELATAN KABUPATEN BEKASI TAHUN PELAJARAN 2019-2020

Authors

  • JOKO SRIYANTO

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.53

Keywords:

Kinerja, Manajemen, Prestasi

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) merupakan suatu cara bagi seorang kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesinya. Penulis  melakukan penelitian di SMP Negeri 5 Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi, dengan menggunakan pendekatan  kualitatif  dengan metode action research  dalam mata pelajaran.  Peneliti melakukan pembinaan terhadap guru tentang implementasi manajemen dalam proses pembelajaran di sekolah. Implementasi dari konsep di atas terlihat pada perkembangan kemampuan dan aktivitas guru dari tiap siklus yang dilaksanakan. Hal ini tampak pada awal pembelajaran pada siklus 1,  khususnya pada tahap eksplorasi, yaitu pemberian pengetahuan kognitif tentang manajemen terhadap guru untuk menunjang proses pembelajaran, kemudian pada siklus 2, pendalaman materi dilaksanakan dengan cara pemahaman lebih dalam terhadap konsep-konsep manajemen, dalam hal ini kepala sekolah berperan sebagai falisitator, selanjutnya pada siklus 3, kepala sekolah  sebagai pendorong kreativitas guru dengan peningkatan pemahaman pada pelaksanaan praktek dilapangan, mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengevaluasiaan dalam proses belajar mengajar. Perubahan yang signifikan terlihat dari tahap perencanaan yang awal persiapan mengajar hanya 20 % tetapi pada tahap berikutnya meningkat menjadi 60 % dan di siklus 3 sampai mencapai 80%.  Pada tahap pelaksanaan juga ada peningkatan dari mulai tahap apersepsi, kemudian penyampaian kegiatan inti dan kegiatan penutup, setelah melalui pembinaan pada siklus 1, siklus 2 dan siklus 3, mengalami peningkatan terutama dalam praktek pelaksanaan pembelajaran, dari 40 % dari 5 orang jumlah guru yang mempraktekkan prinsip-prinsip manajemen, menajdi 80 % melaksanakannya. Penelitian ini membuktikan bahwa pembinaan oleh kepala sekolah terhadap peningkatan kinerja guru berpengaruh, dan pada akhirnya akan mempengaruhi peningkatan mutu sekolah secara keseluruhan.

References

Agostiono. (2010). Implementasi

Kebijakan Publik Model Van Mater

dan Van Horn.

http//kertyawitaradya. Wordpress

Danim. Sudarwan. (2006). Manajemen dan

Kepemimpinan Transformasional

Kepala Sekolah. Pustaka Pelajar.

Drucker F. Peter. (2001).

Kewirasawastaan, Praktek dan

Dasar-dasar. Jakarta: Erlangga.

Hendrawan Supratikno. (2006).

Manajemen Kinerja Untuk

Menciptakan Keunggulan

Bersaing. Yogyakarta: Graha Ilmu

Mesiono. (2012). Manajemen Organisasi.

Bandung: Citapustaka Media

Perintis

Muhibbin Syah. (2010). Psikologi

Pendidikan. Bandung, Remaja

Rosdakarya.

Nasrudin. Endin. (2010). Psikologi

Manajemen. Bandung: CV Pustaka

Setia.

Purwanto, Erwan Agus, Dyah Ratih Sulis.

(2012). Implementasi Kebijakan

Publik. Jogyakarta: Gaya Media

Riza Rosita. (2016). Strategi Kepala

Sekolah, Jurnal Administrasi

Pendidikan, Volume 4, No.1,

Februari 2016.

Rosdina. Murniati. Yusrizal. (2015).

Perilaku Kepemimpinan Kepala

Sekolah Dalam Meningkatkan

Kinerja Guru Pada SD Negeri 2

Lambheu kabupaten Aceh Besar.

Banda Aceh.

Jurnal Administrasi Pendidikan

Pascasarjana Universitas Syiah

Kuala. Vol 3. No 2. Mei 2015.

Sumarsan. Thomas. (2013). Sistem

Pengendalian Manajemen. Jakarta:

Indeks.

Wibowo. (2010). Manajemen Kinerja.

Jakarta : PT Raja Garafindo

Persada.

Zazin. Nur. (2011). Gerakan

Menata Mutu Pendidikan. Teori

dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz

Media.

Published

2021-03-22

How to Cite

SRIYANTO, J. (2021). PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI PEMBINAAN IMPLEMENTASI MANAJEMEN OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI SMP NEGERI 5 CIKARANG SELATAN KABUPATEN BEKASI TAHUN PELAJARAN 2019-2020. Jurnal Pedagogiana, 8(49). https://doi.org/10.47601/AJP.53