PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA “KERLIP SI PEMBANDING JITU” PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI MEKARSARI 01 KEC.TAMBUN SELATAN KABUPATEN BEKASI

Authors

  • IROWATI

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.54

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Alat Peraga “Kerlip Si Pembanding Jitu

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penggunaan alat peraga “Kerlip Si Pembanding Jitu” dapat meningkatan hasil belajar matematika Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Mekarsari 0. Subjek yang diteliti adalah kelas IV SD Negeri Mekarsari 01 sebanyak 24 siswa meliputi proses dan hasil belajar. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Mekarsari 01  sebanyak 24 siswa dan guru kelas IV. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas IV SDN Negeri Mekarsari 01 karena kelas tersebut merupakan kelas peneliti melaksanakan tugasnya. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada bulan September-oktober 2019. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tiga siklus. Untuk mendapatkan data, teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan tiga metode yaitu (1) Tes, (2) Observasi, dan (3) Wawancara. Sedangkan alat pengumpulan data adalah (1) Butir soal tes (2) Lembar Observasi, dan (3) wawancara. Setelah diadakan Penelitian Tindakan Kelas ternyata penggunaan alat peraga Kerlip Si Pembanding Jitu” dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini terlihat dari peningkata nilai rata-rata dari sebelumnya 9,76 menjadi 14,76, sehingga ada peningkatan 5,00. Demikian juga dengan penggunaan alat peraga “Kerlip Si Pembanding Jitu” ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV di SD Negeri Mekarsari 01. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata tes dari sebelumnya 6,17 menjadi 8,11, sehingga ada peningkatan 2,1. Penelitian ini berhasil karena melewati batas kreteria keberhasilan yaitu 80 %.

References

Darsono, Max 2000. Belajar dan

pembelajaran Semarang IKIP

Semarang Pers

Nizam. (2016). Hal-hal yang Berpotensi

Berhubungan dengan Pencapaian

Skor Matematika Kondisi

Pembelajaran Siswa Internasional.

Pusat Penilaian Pendidikan Badan

Penelitian dan Pengembangan.

Usman, Moh. Uzer & Lilis Setyawati,

“Upaya Optimalisasi

kegiatan Belajar Mengajar”

Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Purwanto, Ngalim. 1998. Psikologi

Belajar. Bandung : PT. Remaja Karya

Pitajeng. (2015). Pembelajaran

Matematika yang Menyenangkan.

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sri Anitah W dkk. (2008). Strategi

Pembelajaran Matematika. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Sumaryanto, Totok, dkk. 2005. Buku

Materi Pelatihan PTK dan Penulisana

Laporan Sebagai Laporan Penelitian

Tindakan Kelas Ilmiah dalan Kegiatan

Pengembangan Profesi Guru.

Semarang : CV Educasindo

Sudjana, Nana 1991. Teori- teori Belajar

untuk Mengajar. Jakarta : Fakultas

Ekonomi Universitas Indonesia.

Toharudin, Uus. 2005. Kompetensi Guru

Dalam Strategi Ajar www.pikiranrakyat.com/cetak/2005/100512410803.htm24k.

Wakitri, Anifah,S.W, Chasiyah dan

Legowo, E. 1990. Penilaian

Pencapaian Hasil Belajar. Jakarta :

Karunika UT.

Winkel, WS. 2005. Psikologi Pengajaran.

Yogyakarta : Media Abadi.

Wardini, Julaeha & Marsinah Ngadi.

”Pemamtapan Kemampuan

Profesional (Panduan)” Jakarta :

Universitas Terbuka

Wardini, Wihardit. Noehi Nasoetion.

”Penelitian Yindakan Kelas

Jakarta : Universitas Terbuka

Published

2021-03-22

How to Cite

IROWATI, I. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA “KERLIP SI PEMBANDING JITU” PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI MEKARSARI 01 KEC.TAMBUN SELATAN KABUPATEN BEKASI. Pedagogiana : Jurnal Pendidikan Dasar, 8(89). https://doi.org/10.47601/AJP.54