UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MEMILIH DAN MENGGUNAKAN METODE-METODE PEMBELAJARAN MELALUI PEMBINAAN PROFESI DI SD NEGERI MEKARWANGI 04 CIKARANG BARAT KABUPATEN BEKASI TAHUN PELAJARAN 2019-2020

Authors

  • HADIJAH SUPRIATIN

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.56

Keywords:

Kompetensi Guru, Metode Pembelajaran, Pembinaan Profesi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan upaya meningkatkan kompetensi guru dalam memilih dan menggunakan metode-metode pembelajaran melalui pembinaan profesi oleh kepala sekolah. Penulis  melakukan penelitian di SD Negeri Mekarwangi 04 Cikarang Barat Kabupaten Bekasi, dengan menggunakan pendekatan  kualitatif  dengan metode action research  dalam mata pelajaran.  Peneliti melakukan pembinaan terhadap guru tentang memilih dan menggunakan metode-metode pembelajaran di sekolah. Implementasi dari konsep di atas terlihat pada perkembangan kompetensi guru dari tiap siklus yang dilaksanakan. Subyek penelitian adalah guru-guru SD Negeri Mekarwangi 04 Cikarang Barat. Instrumen penelitian yang digunakan lembar penilaian dan lembar observasi kegiatan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kompetensi guru dalam hal: 1) pemahaman tentang metode-metode pembelajaran; 2) pelaksanaan metode-metode pembelajaran, 3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode pembelajaran..Peningkatan yang signifikan terlihat dari tahap perencanaan yang awal persiapan mengajar hingga tahap pelaksanaan, setelah melalui pembinaan pada siklus 1, siklus 2 dan siklus 3. Penelitian ini membuktikan bahwa pembinaan profesi oleh kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi guru dalam memilih dan menggunakan metode-metode pembelajaran, dan pada akhirnya akan mempengaruhi peningkatan mutu sekolah secara keseluruhan

References

Abdul Azis Wahab. (2012). Metode dan

Model-Model Mengajar. Bandung:

Alfabeta.

Ali Imron. (2005). Pembinaan guru di

Indonesia. Jakarta: Dunia Pustaka

Jaya

Broke and Stone. (2005). Competency

based on Training. New York:

McGraw- Hill Company.

Hamzah B.Uno. (2011). Profesi

Kependidikan. Jakarta: Bumi

Aksara.

Jamal Ma’mur Asmani. (2009).

Manajemen Pengelolaan Dan

Kepemimpinan Pendidikan

Professional: Panduan Quality

Control Bagi Para Pelaku Lembaga

Pendidikan. Yogyakarta: Diva

Press

Kunandar. (2010). Guru Profesional:

Implementasi Kurikulum Tingkat

Satuan Pendidikan (KTSP) dan

Sukses dalam Sertifikasi Guru.

Jakarta: Rajawali Press.

Martinis Yamin. (2007). Profesionalisasi

Guru dan Implementasi KTSP.

Jakarta: Gaung Persada Press.

Mulyasa,E. (2013). Uji Kompetensi Guru

dan Penilaian Kinerja Guru.

Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Suryosubroto (2002). Mengenal Metode

Pembelajaran di Sekolah dan

Pendekatan Baru dalam Proses

Belajar-Mengajar. Yogyakarta:

Amarta Buku.

Syaiful Sagala. (2009). Kemampuan

Profesional Guru dan Tenaga

Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Tangyong. A.F. (2009). Sistem Pembinaan

Profesional Bagaimana Struktur

dan Mekanismenya. Jakarta:

Depdikbud.

Uzer Usman. (2009). Menjadi Guru

Profesional. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Winarno Surakhmad. (2000). Pengantar

Interaksi Mengajar-Belajar.

Bandung: Tarsito

Published

2021-03-22

How to Cite

SUPRIATIN, H. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MEMILIH DAN MENGGUNAKAN METODE-METODE PEMBELAJARAN MELALUI PEMBINAAN PROFESI DI SD NEGERI MEKARWANGI 04 CIKARANG BARAT KABUPATEN BEKASI TAHUN PELAJARAN 2019-2020. Jurnal Pedagogiana, 8(49). https://doi.org/10.47601/AJP.56