UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGGAMBAR PROYEKSI ORTOGONAL MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MESIN MELALUI PENERAPAN MODEL BELAJAR CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS X TP 1 KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 1 KARAWANG TAHUN P

Authors

  • SLAMET RAHARJO

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.61

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas , Contextual, Teaching, Learning.

Abstract

Selama ini pembelajaran yang berlangsung di SMK Negeri 1 Karawang, khususnya pada Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan masih menggunakan metode ceramah dan demontrasi. Secara umum guru menerangkan, memberi contoh/demonstrasi, meberi tugas untuk latihan, memberi tugas untuk praktek, sedangkan siswa memperhatikan , mendemonstrasikan dengan pengawasan guru, lalu diakhiri dengan siswa mengerjakan tugas prakteknya, sehingga hasilnya  kurang memuaskan. Penelitian ini  dilakukan agar pembaharuan dalam proses belajar mengajar dapat dilakukan dengan dasar dari hasil penelitian yang benar. Penelitian ini berdasarkan  hipotesa bahwa  bila proses pembelajaran dilakukan dengan metode CTL akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya  dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkan dalam kehidupan mereka (Sanjaya 2008). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Karawang, pada kelas X TP 1, Kompetensi keahlian Teknik Pemesinan pada tahun pelajaran 2016-2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa   terjadi peningkatan hasil belajar dalam pelajaran Gambar Teknik Mesin dalam Materi Menggambar Proyeksi Ortogonal di kelas X TP 1 pada SMK Negeri 1 Karawang, sebelum dilakukan pembelajaran dengan CTL nilai rata rata sebesar 59,38 , kemudian meningkat pada siklus I menjadi 72,19 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 82,81

References

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Akhmad Sudrajat. 2008. Pengertian

Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik,

Taktik dan Model Pembelajaran.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktik, Rineka Cipta,

Jakarta.

Arikunto, S, 2010. Penelitian Tindakan Kelas.

PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Elaine B, Johnson. 2007. Contextual Teaching

& Learning’s. terj. Ibnu Setiawan

MLC, Bandung.

Munandar, Utami.2002. Kreativitas dan

Keberbakatan. PT. Gramedia Pustaka

Utama, Jakarta.

Sanjaya, Wina, 2005. Pembelajaran dalam

Implementasi Kurikulum Berbasis

Kompetensi, Edisi Pertama Cetakan

Kedua, Kencana Prenada Group,

Jakarta.

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses

Belajar Mengajar. PT Remaja

Rosdakarya, Bandung.

Sugiyanto.2008. Model-Model Pembelajaran

Inovatif. UNS Press, Surakarta

Tati, Zulkardi dan Yusuf Hartono. 2009.

Pengembangan Perangkat

Pembelajaran Berbasis Kontekstual

Pokok Bahasan Turunan di Madrasah

Aliyah Negeri 3 Palembang. Jurnal

Pendidikan Matematika, Vol 3, No. 1.

Published

2021-04-30

How to Cite

SLAMET RAHARJO, S. R. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGGAMBAR PROYEKSI ORTOGONAL MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK MESIN MELALUI PENERAPAN MODEL BELAJAR CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS X TP 1 KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 1 KARAWANG TAHUN P. Pedagogiana - Jurnal Pendidikan Dasar, 8(89). https://doi.org/10.47601/AJP.61