UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS X TEI I SMK NEGERI I KARAWANG TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018

Authors

  • FARIDAWATY SARAGIH

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.62

Keywords:

Hasil Belajar, Discovery Learning

Abstract

Fakta di lapangan mata pelajaran kimia merupakan salah satu mata pelajaran yang di yang dianggap sulit bagi sebagian siswa. Banyaknya konsep kimia yang bersifat abstrak yang harus diserap siswa dalam waktu relatif terbatas, siswa cenderungbelajar dengan hafalan daripada secara aktif sehingga siswa tidak mampumengaplikasikan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari sehingga siswa tidak mendapatkan materi secara konkret (nyata). Hal inilah yang menyebabkanrendahnya minat siswa dalam belajar kimia, sehingga diperlukan suatu terobosanyang dapat membantu siswa dalam prose belajar mengajar. Oleh karena itu,penelitian ini  dilakukan agar pembaharuan dalam proses belajar mengajar dapat dilakukan dengan dasar dari hasil penelitian yang benar. Penelitian ini berdasarkan hipotesa bahwa bila proses pembelajaran dilakukan dengan metode IBL akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri I Karawang pada kelas X TEI I tahun pelajaran 2017-2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dalam materi larutan elektrolit dan nonelektrolit di kelas X TEI I dimana sebelum dilakukan pembelajaran dengan IBL nilai rata rata sebesar 57,00, kemudian meningkat pada siklus 1 menjadi 71,50 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 81,5

References

Adrian. 2004. http://artikel.us/art05-

html. Metode Mengajar

Berdasarkan Tipologi Belajar

Siswa. 20-10-2004. 14.00

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan

Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

————————. 2002. Dasar-Dasar

Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi).

Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003.

Pedoman Khusus Pengembangan

Silabus dan Penilaian. Direktorat

Jenderal Pendidikan Dasar dan

Menengah.

Echols, John M. dan Hasan Shadily. 2003.

Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta:

PT. Gramedia.

Gulo, W. 2005. Strategi Belajar Mengajar.

Jakarta: PT. Grasindo.

Johari, J.M.C. dan M. Rachmawati. 2004.

Kimia SMA untuk kelas XI.

Jakarta: esis.

Koestantionah. 2003. Pembelajaran Sains

Sekolah dasar dengan

Mengoptimalkan Kompetensi

Siswa Melalui Pembelajaran

PAKEM. Abstrak.

K, Roestiyah N. 2001. Strategi Belajar

Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Margono,1977. Kimia untuk SMA.

Surakarta: Widya Duta.

Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis

Kompetensi Konsep, Karakteristi,

Implementasi dan Inovasi.

Bandung: PT. Remaja Rosda

Karya.

Nur’aini, Dewi Nur dan Sabar Cahyono. -.

Simpati Kimia Semester 2 Kelas

XI. Surakarta: CV. Grahadi.

Purba, Michael. 2004. Kimia untuk SMA

Kelas 2B. Jakarta: Erlangga

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-

faktor yang Mempengaruhinya.

Jakarta: Rineka Cipta.

———. 2001. Evaluasi Pendidikan.

Jakarta: PT. Bumi Aksara.

S, Muslim M (2006).

http://www.riaupos.com/web/conte

nt/view/10202/7/, Reformulasi

Otonomi Pendidikan. 28-03-206.

Sudjana, Nana. 1989. Penilaian Hasil

Proses Belajar Mengajar. Bandung:

PT. Remaja Rosda Karya

Suherman, Erman. 1990. Evaluasi

Pendidikan untuk Matematika.

Bandung: Wijaya Kusuma

Susanto, Hadi. 2004. Pembelajaran Fisika

dengan Pendekatan Inquiry.

Makalah. Disajikan dalam rangka perencanaan dan implementasi kurikulum fisika 2004.

Suyitno, Amin, dkk. 2005. Upaya

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Kelas II Program Percepatan SMP

semarang dalam Pembelajaran

Matematika Melalui Model

Pembelajaran dengan Pendekatan

DL (Discovery Learning) sebagai

Strategi yang Berasosiasi dengan

CTL (Contextual- Teaching

Learning). Penelitian Dosen.

Tim Pelatih Proyek PGSM. 1999.

Penelitian Tindakan Kelas

(Classroom Action Reseach).

Jakarta: Departemen Pendidikan

dan Kebudayaan. Direktorat

Jendral Pendidikan Tinggi PGSM

IBRD Loan No. 3979-Ind.

Umiyati.2005. Penerapan Pembelajaran

Discovery Terbimbing untuk

Meningkatkan hasil belajar Sains

Pokok Bahasan Cahaya Siswa

Kelas V Sekolah Dasar Negeri

Ngijo 03 Tahun Ajaran 2004/ 2005.

Skripsi.

Widodo, A. Tri. 2005. Penyusunan

Proposal Skripsi Pendidikan dan

Pengefektifan Bimbingan Skripsi.

Makalah. Disajikan pada pelatihan

Published

2021-04-30

How to Cite

SARAGIH, F. (2021). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS X TEI I SMK NEGERI I KARAWANG TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018. Jurnal Pedagogiana, 8(89). https://doi.org/10.47601/AJP.62