PENGUNAAN METODE TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS LAMBANG BILANGAN PADA SISWA KELAS II.A SDN MEKARSARI 06 KECAMATAN TAMBUN SELATAN KABUPATEN BEKASI DI SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2017/2018

Authors

  • RUNAH SOLIHATI

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.65

Keywords:

Tanya Jawab, Lambang Bilangan, Hasil Belajar

Abstract

Metode tanya jawab termasuk metode yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Bertanya memiliki peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Pertanyaan yang tersusun dengan baik dan tehnik pengajuan yang tepat akan meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar, membangkitkan minat dan rasa ingin tahu siswa terhadap permasalahan yang sedang dibicarakan, mengembangkan pola berpikir dan belajar aktif siswa dan memusatkan perhatian murid terhadap masalah yang sedang dibahas. Menurut Drs. Soetomo metode Tanya jawab adalah suatu metode dimana guru menggunakan/memberikan pertanyaan kepada siswa dan siswa menjawab, atau sebaliknya siswa bertanya pada guru an dan guru menjawab peranyaan siswa. Pengumpulan data ini dilakukan dengan cara melakukan teknik tes dilakukan untuk mengetahui dan memperoleh data hasil belajar materi membaca dan menulis lambang bilangan siswa setelah proses pembelajaran dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari pembelajaran setelah diterapkannya metode tanya jawab pada tes formatif siklus I, dan siklus II. Tingkat hasil belajar membaca dan menullis lambang bilangan pada siswa kelas II.A SDN Mekarsari 06 Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi,  sebelum diterapkannya metode tanya jawab masih sangat rendah belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan untuk mata pelajaran membaca dan menulis lambang bilangan yaitu ≥65. Hasil peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran mateamtika dengan metode tanya jawab sudah mencapai indikator. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar materi membaca dan menulis labang bilangan yang mengalami peningkatan dari mulai pra tindakan ke siklus I, dari siklus I ke siklus II

References

Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahri. 2008. Konsep dan Definisi Konseptual. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Harianti, Diah. (1994). Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-kanak. Jakarta : Depdikbud.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama. Bandung.

M. Thobroni. 2015. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktek. Yogjakarta: Arr-Ruzz Media.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme. Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slamet Suyanto. (2005). Pembelajaran untuk Anak TK. Jakarta: Departemen. Pendidikan Nasional Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga.

Soedadiatmodjo, dkk. 1983. Matematika I. Jakarta: Depdikbud.

Sudaryanti (2006). Pengenalan MatematikaAnak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. AR-. Ruzz Media. Yogyakarta.

Published

2021-09-19

How to Cite

SOLIHATI, R. (2021). PENGUNAAN METODE TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS LAMBANG BILANGAN PADA SISWA KELAS II.A SDN MEKARSARI 06 KECAMATAN TAMBUN SELATAN KABUPATEN BEKASI DI SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2017/2018. Pedagogiana : Jurnal Pendidikan Dasar, 9(8). https://doi.org/10.47601/AJP.65