PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SUMBANG KATA DAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI

Authors

  • YAYOEK DESLYANI

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.69

Keywords:

Model Pembelajaran Sumbang Kata dan Multimedia, Pokok Bahasan Membaca dan Menulis Puisi, Kemampuan Menulis Puisi

Abstract

Model pembelajaran sumbang kata  merupakan pengembangan  dari  salah  satu strategi pembelajaran kooperative yang telah dimodifikasi dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan siswa. Menurut Jabrohim dkk. (2003:31-33) menulis puisi bermula dari proses kreatif, yakni mengimajikan atau mengembangkan fakta-fakta empirik yang kemudian diwujudkan dalam bentuk puisi. Selanjutnya, untuk menuangkannya menjadi sebentuk puisi, terlebih dahulu memahami unsur-unsur pembentuk puisi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini,menggunakan instrumen berbentuk tes dan nontes pada siklus. Analis data dalam Penelitian Tindakan Kelas peneliti menggumpulkan dan mengolah data secara kuantitatif dari format observasi dan format penilaian (unjuk kerja) dari setiap siklus sehingga dapat mengetahui prosentase peningkatan hasil belajar yang kemudian dideskrifsikan untuk diambil suatu kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi  pada pokok bahasan : Membaca dan Menulis Puisi dengan menggunakan Model Pembelajaran Sumbang Kata dan Multimedia. Penelitian dilakukan terhadap siswa Kelas VIII.3 di SMP Negeri 1 Sukatani, Kabupaten Bekasi. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan teknik eksperimen. Data perkembangan diperoleh melalui observasi sikap dan evaluasi hasil belajar. Instrumen utama dalam penelitian ini menggunakan instrumen Lembar Kerja Siswa dan lembar observasi sikap. Indikator keberhasilan siswa adalah Kemampuan Menulis Puisi di atas KKM (75). Rata-rata Kemampuan Menulis Puisi diawal siklus sebesar 40,67, siklus 1 sebesar 55,33, siklus 2 sebesar 69,16, dan siklus 3 sebesar 79,67. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa Kemampuan Menulis Puisi dapat ditingkatkan dengan menggunakan Model Pembelajaran Sumbang Kata dan Multimedia.  Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini dapat dijadikan bahan referensi untuk meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi siswa.  Penggunaan Model Pembelajaran Sumbang Kata dan Multimedia dalam meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi dapat terus dikembangkan. 

References

Akhadiah, S. dkk. 1996. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Aditya Media.

Jabrohim dkk . 2003. Puisi dan Pengajarannya. Semarang: IKIP Semarang.

Hasanuddin. 2002. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Jamaludin Sayuti, Ahmad. 2008. “Peningkatan Ketrampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Teknik Rangsang Gambar dan Sumbang Kata” Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII-1, SMP Negeri 3 Bojongpicung, Cianjur. Tahun Ajaran 2008-2009. Yogyakarta: Universitas negeri Yogyakarta.

Mulyasa. H.E. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas . Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Pradopo, Rahmat Djoko. 2002. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Robin dan Linda. 2001. Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Safari. 1997. Pengujian dan Penilaian Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: PT Kartanegara.

Sanjaya, Wina. 2008. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Kencana. Sani, Ridwan Abdullah. 2010. Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Satrio Wahono, Romi. 2008. Inovasi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan puisi. Yogyakarta: FKSS IKIP Muhammadiyah Yogyakarta

Sudjiman. 2002. Pokok-pokok Pengajaran Bahasa dan Kurikulum 1994: Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Buku

Suparno. 1988. Media Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: PT. Intan Pariwara.

Suryaman. 2005. Keterampilan Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan, G. H. 2011. Dasar-Dasar Psikosastra. Bandung: Angkasa Bandung.

Turban. 2002. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Usman, Uzer. 2002. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan . Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Yamin, M & Ansori, B. I. 2009. Taktik Mengembangkan Kemampuan IndividualSiswa. Jakarta: Saung Persada Press Jakarta.

Published

2021-09-19

How to Cite

DESLYANI, Y. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SUMBANG KATA DAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI. Pedagogiana : Jurnal Pendidikan Dasar, 9(8). https://doi.org/10.47601/AJP.69