UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN MEMAHAMI PENYUSUNAN GERAK RITMIK DENGAN PENERAPAN PENGAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED INTRUCTION ) PADA SISWA KELAS IX.3 DI SMP NEGERI 7 TAMBUN SELATAN KABAPUTEN BEKASI

Authors

  • MOHAMAD KASIM

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.70

Keywords:

Problem Based Intruction, Gerak Ritmiki

Abstract

Pada tingkatan SMP secara umum menunjukan penguasaan materi yang masih tergolong rendah pada mata pelajaran Penjaskes. Hal tersebut dapat disebabkan oleh banyak factor antara lain,cara guru mengajar yang tidak dikaitakan dengan kehidupan nyata dan materi yang tidak secara langsung dikonstuk oleh siswa  akan mengakibatkan siswa  sulit untuk menguasai suatu materi serta kurangnya pemberian motivasi pada siswa yang dilakukan oleh guru. Untuk menanggulangi hal tersebut diatas, diperlukan suatu model pembelajaran yang lebih menarik dimana siswa akan termotivasi untuk belajar dan materi yang akan dikaitkan  dengan kehidupan nyata sehingga siswa dapat mengkonstruk materi dengan kemampuannya sendiri. Hal tersebut dapat terwujud dalam suatu model pembelajaran berdasarkan masalah. Penelitian dilaksanakan berdasarkan pada beberapa pertanyaan penelitian yaitu : 1) Bagaimana aktifitas guru dalam pembelajaran dengan penerapan pembelajaran berdasarkan masalah  2) Bagaimana aktifitas siswa dalam pembelajaran dengan penerapan pembelajaran berdasarkan masalah  3) Bagaimana pencapaian hasil belajar siswa. Penelitian ini  dilaksanakan pada siswa kelas IX.3 SMP Negeri 7 Tambun Selatan  Kabupaten Bekasi pada materi pokok  Penyusunan  Gerak ritmik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan disain one-shot case studydesign.Penelitian dilakukan  selama tiga pertemuan dengan menggunakan beberapa  metode penelitian, yaitu; metode observasi digunakan untuk mengetahui  aktifitas yang dilakukan guru dan siswa dan metode tes digunakan untuk mengetahui keberhasilan siswa. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa:  1)  Pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatkan aktifitas guru 2) Pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatkan aktifitas siswa 3) Pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Aqib, Zainal. 2001. Profesionalisme guru dalam pembelajaranSurabaya: Insan

Cendikia.

Depdikbud. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar GBPP Kelas Jakarta: Depdikbud.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI Nomor 20, Sisdinas. Jakarta Depdiknas.

Dryden, Gordon. 2001. The learning Revolution. Bandung: Kaifil.

Hulgard, Emest, R. 1969. Theories of learning. Appleton Century Crofet: Me. Gran

Fill Book Company, Inc.

Kasbolah, Kasihani, ES. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Malang; UM.

Soejono. 1996. Mengenal Dunia Filateli; bandung: PT. pos Indonesia

Published

2021-09-19

How to Cite

KASIM, M. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN MEMAHAMI PENYUSUNAN GERAK RITMIK DENGAN PENERAPAN PENGAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED INTRUCTION ) PADA SISWA KELAS IX.3 DI SMP NEGERI 7 TAMBUN SELATAN KABAPUTEN BEKASI. Pedagogiana : Jurnal Pendidikan Dasar, 9(8). https://doi.org/10.47601/AJP.70