PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF UNTUK PENEMUAN FAKTA DAN OPINI DENGAN PENGGUNAAN TEKNIK OPQRST PADA SISWA KELAS XII TKR 2 SMK NEGERI 1 CILAMAYA

Authors

  • MUTIA PURNAMAWATI

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.71

Keywords:

Teknik OPQRST, Keterampilan Membaca Intensif

Abstract

Berdasarkan hasil observasi penulis di kelas XII SMK Negeri 1 Cilamaya penulis mengetahui bahwa keterampilan membaca pada siswa masih cukup rendah, karena siswa hanya tertarik membaca ketika ditugaskan oleh gurunya. Siswa masih kesulitan memahami suatu teks, sehingga hanya membaca tanpa mendapatkan pemahaman. Beberapa kegiatan sudah dilakukan oleh guru agar siswa tertarik untuk membaca, tetapi nampaknya guru belum menemukan metode yang tepat untuk membimbing siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan keterampilan membaca intensif untuk penemuan fakta dan opini dengan penggunaan teknik OPQRST pada siswa kelas  XII TKR 2 SMK Negeri 1 Cilamaya?. selanjutnya tujuan dari penelitian adalah 1) Mendeskripsikan kemampuan membaca intensif siswa 2) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca intensif setelah menggunakan teknik OPQRST. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitaf sederhana dengan perhitungan persentase. Hasil dari analisis penelitian adalah sebagai berikut: terdapat peningkatan keterampilan membaca intensif untuk menemukan fakta dengan menggunakan teknik OPQRST, pada siswa kelas XII TKR 2 SMK 1 Cilamaya. Hal ini dapat dibuktikan dengan analisis data yang diperoleh dari siklus I dan siklus II yang sangat meningkat dibandingkan pretest. Nilai rata-rata yang diperoleh saat pretest adalah 64,30 atau 54,23%. Nilai yang didapat belum mencapai KKM, kemudian dilakukan tindakan pada siklus I dengan teknik OPQRST sehingga nilai rata-rata yang didapat lebih tinggi dari nilai rata-rata pretest yaitu 74,36 atau 63.65%. Nilai rata-rata pada siklus I belum mencapai KKM, tetapi pada siklus II nilai rata-rata siswa berhasil mencapai KKM dengan nilai rata-rata 82,5  atau 95,96%. Respon siswa terhadap pembelajaran membaca intensif untuk menemukan fakta dengan menggunakan teknik OPQRST sangat baik, terbukti dari hasil yang didapat siswa selama pretest, siklus I, dan siklus II selalu mengalami peningkatan. Dengan demikian, teknik OPQRST dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca intensif untuk menemukan fakta.

References

Alek dan H.P. Ahmad. Buku Ajar Bahasa Indonesia. Jakarta: FITK Press. 2009.

Arikunto, Suharsimi dan Suhardjono. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.2009.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.2010.

Dawud, Perspektif Pembelajaran Bahasa Indonesia. Malang: UM Press. 2008.

Harras, Kholid, dkk. Membaca I. Jakarta: Universitas Terbuka. 2007.

Hidayah, Anayatul. Membaca Super Cepat. Jakarta: Laksar Aksara. 2012.

Sadikin, Asep Ganda. Bahasa Indonesia. Bandung: Facil. 2011.

Subana, M. dan Sunarti. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: PustakaSetia. 1998.

Tarigan, Henry Guntur. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa. 1974.

Wahyudi, Johan. dan Darmiyati Zuchdi, Bahasaku Bahasa Indonesia. Solo: Platinum. 2009.

Winarno. Speed Reading. Jakarta: Platinum. 2012.

Published

2021-09-19

How to Cite

PURNAMAWATI, M. (2021). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF UNTUK PENEMUAN FAKTA DAN OPINI DENGAN PENGGUNAAN TEKNIK OPQRST PADA SISWA KELAS XII TKR 2 SMK NEGERI 1 CILAMAYA. Pedagogiana : Jurnal Pendidikan Dasar, 9(8). https://doi.org/10.47601/AJP.71