MENINGKATKAN KINERJA GURU KELAS MELALUI SUPERVISI PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SDN MEKARSARI 05 TAMBUN SELATAN KABUPETEN BEKASI TAHUN 2017

Authors

  • HENI SUHARTINI

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.72

Keywords:

pts, supervisi, media pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan kinerja guru kelas melalui supervisi penerapan media pembelajaran di SDN Mekarsari 05 Tambun Selatan Kabupeten Bekasi di tahun 2017. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus dan masing-masing siklus melalui empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), Tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflection). Teknik pengambilan data penelitian dilakukan dengan cara observasi dan penilaian langsung terhadap peningkatan kinerja guru kelas, Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif, kualitatif. Pada siklus I pertemuan 1 kinerja guru kelas melalui supervisi penerapan media pembelajaran berada pada persentase 42,59%, dan  siklus I pertemuan 2 kinerja guru kelas melalui supervisi penerapan media pembelajaran berada pada persentase 51,85% hasil ini masih jauh dari target minimal ≥70% sehingga perlu dilakukan siklus II. Pada siklus II pertemuan 1 terjadi peningkatan kinerja guru kelas melalui supervisi penerapan media pembelajaran menjadi 66,67% dan meningkat lagi pada siklus II pertemuan 2 terjadi peningkatan kinerja guru kelas melalui supervisi penerapan media pembelajaran menjadi 83,33%, hasil   ini telah melebihi dari target yang ingin di capai yaitu peningkatan kinerja guru kelas melalui supervisi penerapan media pembelajaran minimal ≥70%. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa upaya peningkatan peningkatan kinerja guru kelas melalui supervisi penerapan media pembelajaran telah berhasil dan dapat diterapkan di SDN Mekarsari 09 Tambun Selatan Kabupeten Bekasi.

References

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Cahyana, dkk. 2005. Jamur Tiram Pembibitan, Pembudidayaan dan Analisis Usaha. Jakarta: Penebar Swadaya.

Erna Maeyasari (2012) “Pengaruh Efektivitas. Penerapan Absensi Fingerprint Terhadap Disiplin Pegawai Negeri Sipil

Heriawanto. 2004. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Kerja. Karyawan Magister Manajemen Agribisnis Institut Pertanian Bogor. Skripsi

Nawawi, Hadari (1985). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gadjah. Mada University Press.

FX Sudarsono. Makalah untuk Penataran Dosen, Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta, 1999.

Widyahartono. 1992. Kerangka Dasar Sistem Inforamasi Manajemen. Cetakan Keempat. Gramedia. Jakarta. BPFE-Yogyakarta

Published

2021-09-19

How to Cite

SUHARTINI, H. (2021). MENINGKATKAN KINERJA GURU KELAS MELALUI SUPERVISI PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SDN MEKARSARI 05 TAMBUN SELATAN KABUPETEN BEKASI TAHUN 2017. Pedagogiana : Jurnal Pendidikan Dasar, 9(8). https://doi.org/10.47601/AJP.72