PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK BERKELANJUTAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN SILABUS DAN RPP BERKARAKTER DI SMP NEGERI 4 CIKARANG TIMUR KABUPATEN BEKASI TAHUN PELAJARAN 2019-2020

Authors

  • AJI MULYADIN

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.73

Keywords:

supervisi akademik, silabus

Abstract

Setiap proses kegiatan pasti selalu meliputi tiga kegiatan utama yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Demikian pula yang terjadi dengan proses belajar mengajar di sekolah. Seorang guru diharuskan melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Proses perencanaan pembelajaran yang harus dilakukan oleh seorang guru meliputi kegiatan utama sebagai berikut membuat program tahunan; silabus; program semester, rencana pelaksanaan pembelajaran, program ulangan/evaluasi.  Dari kelima unsur tersebut di atas, silabus dan RPP merupakan persiapan paling minimal seorang guru ketika hendak mengajar. Berdasar kepada hasil analisa pada tahun pelajaran 2019/2020 di SMPN 4 Cikarang Timur Kabupaten Bekasi, muncul permasalahan rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus dan RPP.  Untuk meneliti lemahnya kinerja guru dalam hal tersebut, dilakukanlah penelitian untuk melihat sejauhmana langkah supervisi akademik kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi guru dalam penyusunan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.  Supervisi akademik secara berkelanjutan terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP di SMP Negeri 4 Cikarang Timur Kabupaten Bekasi. Ini terbukti dengan meningkatnya jumlah silabus guru yang baik dari 48% menjadi 56% dan 94% setelah supervisi akademik. Selain itu, jumlah RPP yang berkualitas baik juga meningkat dari 54% menjadi 73% dan 97%. Hal ini terlihat baik silabus maupun RPP yang dikumpulkan guru bersifat original dan guru mampu melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rencana yang dibuat.  Dari hasil perhitungan pada siklus 1 dan Siklus 2, maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa silabus dan RPP yang dikumpulkan guru adalah bersifat original. Hal ini terlihat dengan cukup besarnya guru mampu melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rencana yang dibuat.

References

Ametembun,N.A. 2001. Guru Dalam Administrasi Sekolah. Bandung: IKIP Bandung.

Depdiknas. 2008. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

E. Mulyasa 2005. Manajemen Berbasis Sekolah, Cet. 9; Bandung: Remaja Rosdakarya.

H.A. Hermawan, dkk. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: UPI Press.

Haryanto. 2000. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Heri Gunawan.2011. Pendidikan Karakter. Bandung. Alfabeta.

Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Purwanto, M. Ngalim. 2008. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT, Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Piet A. Sahertian. 2010. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. 2004. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta

Suryosubroto, B. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Syafei. 2000. Konsep-Konsep dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta

Syaiful Sagala. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Usman,2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya

Wahjosumidjo. 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Published

2021-09-19

How to Cite

MULYADIN, A. (2021). PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK BERKELANJUTAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN SILABUS DAN RPP BERKARAKTER DI SMP NEGERI 4 CIKARANG TIMUR KABUPATEN BEKASI TAHUN PELAJARAN 2019-2020. Pedagogiana : Jurnal Pendidikan Dasar, 9(8). https://doi.org/10.47601/AJP.73