SUPERVISI AKADEMIK MELALUI EVADIR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN INOVASI KINERJA GURU PADA SMK NEGERI 1 RENGASDENGKLOK KABUPATEN KARAWANG

Authors

  • DEDI JUBAEDI

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.74

Keywords:

supervisi akademik, evaluasi diri, kinerja guru

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru-guru pada SMK Negeri rengasdngklok.  Subjek penelitian adalah guru-guru SMK Negeri 1 Rengasdengklok sebanyak Sembilan orang. Penelitian meliputi 2 siklus yang masing siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah (1) metodeobservasi, (2) catatan lapangan, dan (3) metode dokumen. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian tindakan sekolah yaitu terdapat peningkatan kualitas maupun kuantitas. Pada siklus I, silabus yang sesuai rambu-rambu 66,74% (berkategori baik) dan RPP 54,46% (berkategori cukup). Pada siklus II silabus yang sesuai rambu-rambu 68,67% (berkategori baik) dan RPP 79,11% (berkategori sangat baik). Kreatifitas guru dan sikap serta minat guru siklus I adalah 43,72% (berkategori baik). Siklus II meningkat55,56% (berkategori sangat baik).

References

Alek dan H.P. Ahmad. Buku Ajar Bahasa Indonesia. Jakarta: FITK Press. 2009.

Arikunto, Suharsimi dan Suhardjono. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.2009.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.2010.

Dawud, Perspektif Pembelajaran Bahasa Indonesia. Malang: UM Press. 2008.

Harras, Kholid, dkk. Membaca I. Jakarta: Universitas Terbuka. 2007.

Hidayah, Anayatul. Membaca Super Cepat. Jakarta: Laksar Aksara. 2012.

Sadikin, Asep Ganda. Bahasa Indonesia. Bandung: Facil. 2011.

Subana, M. dan Sunarti. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: PustakaSetia. 1998.

Tarigan, Henry Guntur. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:Angkasa. 1974.

Wahyudi, Johan. dan Darmiyati Zuchdi, Bahasaku Bahasa Indonesia. Solo: Platinum. 2009.

Winarno. Speed Reading. Jakarta: Platinum. 2012.

Published

2021-09-19

How to Cite

JUBAEDI, D. (2021). SUPERVISI AKADEMIK MELALUI EVADIR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN INOVASI KINERJA GURU PADA SMK NEGERI 1 RENGASDENGKLOK KABUPATEN KARAWANG. Pedagogiana : Jurnal Pendidikan Dasar, 9(8). https://doi.org/10.47601/AJP.74