PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI MANGUNJAYA 01 MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • SITI MARIYAH

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.78

Keywords:

Prestasi, Kooperatiftipe NHT, pembelajaranMatematika SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Mangunjaya 01 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Langkahnya terdiri dari, perencanaan, tindakan, refleksi, dan observasi. Subyek PTK ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Mangunjaya 01 dengan jumlah 38 siswa. Pelaksanaan tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data melaluites, observasi, dan dokumentasi. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada akhir siklus dilaksanakan tes yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar matematika menggunakan model kooperatf tipe Number Head Together pada siswa kelas IV SD Negeri Mangunjaya 01. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil tes pada siklus I ada 17 siswa atau 44.73% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥70, sedangkan hasil tes pada siklus II ada 32 siswa atau 84.21% dari seluruh siswa yang mendapatkan nilai ≥70. Hal ini berarti mengalami peningkatan persentase siswa yang mendapat nilai ≥70 dari siklus I ke siklus II sebanyak 38.48%. Nilai rata-rata hasil tes dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan sebanyak 9.6 yaitudari 67.76 menjadi 77.36. Demikian juga dalam proses pembelajarannya, hasil observasi menunjukkan aktivitas belajar siswa meningkat dari 53.75% pada siklus I meningkat menjadi 78.75% pada siklus II dengan kategori baik

References

Abdul Majid. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahmad Susanto. (2012). Teori Belajar Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Ali, Muhlisrarini. (2013). Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta; PT Raja Grafindo Persada

Anita Lie. 2010. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-RuangKelas. (Jakarta: Grasindo

Asma, Nur. (2010). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Aunurrahman. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Pontianak: Alfa Beta Bandung Budiningsih, C, A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Daryanto, Muljo Raharjo.2012. Model Pembelajaran Inivatif. Malang: Gava Media

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Depdikbud, (1997). Studi Kasus. Jakarta: Depdikbud.

Endang P dan Nur Widodo. (2000). Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM

Eveline Siregar, Hartini. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia

Elin, Rosalin. (2008). Gagasan merancang pembelajaran kontektual. Bandung: PT Karsa Mandiri Persada

Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Hamruni. (2011). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Harianto, Warsono. (2012). Pembelajaran Aktif. Surabaya: PT Rosda.

Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif. Pekabaru: Pustaka Belajar

Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Isjoni, Arif.Hj. Ismail. (2008). Model-model Pembelajaran Mutakir. Pekanbaru: Pustaka Belajar

Isjoni dan Ismail 2008. Model-Model Pembelajaran Mutakhir Perpaduan Indonesia-Malaysia. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Lie, A. (2002). Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang kelas. Jakarta: Gramedia.

Miftahul Huda. (2011). Cooperative Learning. Medio: Pustaka Pelajar

Mulyasa. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (new). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyono Abdurrohman. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Nunuk, Leo. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: Ombak.

Asma, Nur. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Partini, S. (1996). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta : IKIP Yogyakarta.

Rosalin, Elin. (2008). Gagasan Merancang Pembelajaran Konstektual. Bandung: PT. Karsa Mandiri Persada.

Ruseffendi. (1992). Pendidikan Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Slameto. (2003). Belajar Dan Factor- Factor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogayakarta: UNY press

Suharsimi Arikunto. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suprihatiningrum, Jamil, (2013). Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar Ruzz Media

Suwarsih Madya. (2007). Teori Dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research). Bandung: Alfabeta

Tirtonegoro, Sutratinah. (2001). Anak Supernormal dan pendidikannya. Jakarta:Bumi Aksara.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep, Landasan Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Group.

Tryana, Antin. 2008. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT)

Wena, M. (2008). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Malang: Bumi Aksara Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.

Winataputra, Udin S. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Wina Sanjaya. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana

Zaenal Aqib. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: Yrama Widya

Published

2021-09-19

How to Cite

MARIYAH, S. (2021). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI MANGUNJAYA 01 MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Pedagogiana : Jurnal Pendidikan Dasar, 9(8). https://doi.org/10.47601/AJP.78