UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP TEKANAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECTBASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA ZOOM PADA SISWA KELAS VIII.2 SMP NEGERI 21 KOTA BEKASI TAHUN AJARAN 2020-2021

Authors

  • ENDANG SETYOWATI

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.79

Keywords:

Model Pembelajaran Projectbased Learning, Tekanan Benda Cair, Padat dan Gas, Motivasi Belajar IPA, Pemahaman Konsep, Media Zoom

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep IPA, pada pokok bahasan Tekanan Benda Cair, Padat dan Gas dengan menerapkan model pembelajaran Projectbased Learning. Penelitian dilakukan terhadap siswa Kelas VIII-1 di SMP Negeri 21 Kota Bekasi Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan teknik eksperimen. Data motivasi belajar diperoleh melalui angket motivasi dan minat belajar siswa. Data pemahaman konsep menggunakan test hasil belajar. Instrumen utama dalam penelitian ini menggunakan angket motivasi dan minat belajar, dan test hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa Pemahaman Konsep dapat ditingkatkan, terlihat dari adanya peningkatan Hasil Belajar IPA, demikian pula dengan motivasi belajar yang juga mengalami peningkatan, dengan menerapkan model pembelajaran Projectbased Learning, pada pokok bahasan Tekanan Benda Cair, Padat dan Gas. saat pre-test diperoleh rata-rata pemahaman konsep Pada siklus 1 terdapat kenaikan rata-rata pemahaman konsep siswa sebesar 7,17 % dari saat pre-test (dari pre-test = 56,50 menjadi siklus 1 = 63,67). Pada siklus 2 terdapat kenaikan rata-rata pemahaman konsepsiswa sebesar 23,01 % dari saat pre-test (dari pre-test = 56,50 menjadi siklus 2 = 69,50). Pada siklus 3 terdapat kenaikan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 37,75 % dari saat pre-test (dari pre-test =56,50 menjadi siklus 3 = 77,83). Dengan kata lain model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA Motivasi siswa pada siklus 1 sebesar 2,29 (kurang baik), pada siklus 2 sebesar 3,39 (cukup baik) dan pada siklus 3 sebesar 4,26 (baik). Minat siswa pada siklus 1 sebesar 2,49 (kurang baik), pada siklus 2 sebesar 3,39 (cukup baik) dan pada siklus 3 sebesar 4,49 (baik). Ketuntasan belajar siswa yang juga mengalami kenaikan dalam tiap siklusnya, siklus pertama 1 (3,33 %), siklus kedua 14 (46,47 %); siklus ketiga 29 (9 %6,67). Dari Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini, diharapkan dapat dijadikan bahan referensi untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. Untuk Pengawas Sekolah dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi untuk meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana dalam menciptakan media belajar yang inovatif di tiap sekolah sebagai upaya meningkatkan hasil belajar

References

Adhetya Cahyani, dkk.2020.

Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Yogyakarta. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Ahmadi, H. Abu dan Widodo Supriyono.

Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Angga Murizal. 2017.”

Pemahaman konsep matematis dan model pembelajaran Quantum Teaching”. Jurnal pendidikan matematika, Vol. 1 No. 1.

Arikunto, Suharsimi. 2006.

Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bundu, Patta. 2006.

Penilaian Keterangan Proses dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains di SD. Jakarta: Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan

Cici Karina Putri. 2019.

Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi. Skripsi. Jambi: UIN Suthan Thaha Syaifuddin

Daryanto. 2010.

Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta,2010.

Departemen Pendidikan Nasional. 2002.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Dewi, W. A. F. 2020.

Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN.

Fathurrohman, Muhammad. 2015.

Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013 Strategi Alternatif Pembelajaran di Era Global. Yogyakarta: Kalimedia.

Febri Yanti Irawan. 2020.

Analisis Pengunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Sosiologi di SMA Negeri 18 Makassar. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Hamalik, Oemar. 2006.

Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.

Harun, Muhamad. 2020.

Evaluasi Kualitas Perangkat Lunak Pada Aplikasi Zoom Cloud Meetings Untuk Pembelajaran Elearning. Jurnal Akrab Juara, Vol.5, No.3.

Hefliza Berti. 2020.

Implementasi E-Learning Menggunakan Zoom Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Ditinjau Dari Gender Mata Pelajaran Biologi Kelas XI di SMA Negeri 1 Padang Cermin. Skripsi. Lampung: UIN Raden Intan.

Ismail Akbar Brahma. 2020.

Penggunaan ZoomSebagai Pembelajaran Berbasis Online Dalam Mata Kuliah Sosiologi dan Antropologi Pada Mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta, Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, Vol.6, No.2.

Joko Kuswanto, Ferri Radiansah. 2018.

Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, Vol. 14 No. 1, 2018

Khodijah, N. 2014.

Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali pers

Kokom Komalasari. 2013.

Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Kompri. 2015.

Motivasi Pembelajaran Prespektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Marilyn K Gowing. 2001.

“Measurement of Individual Emotional Competence” dalam Daniel Goleman, Cary Cherniss (ed.). The emotionally intelligent workplace: How to select for, measure, and improve emotional intelligence in individuals, groups, and organizations. (Fransisco: Jossey Bass, 2001)

Published

2021-09-19

How to Cite

SETYOWATI, E. (2021). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP TEKANAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECTBASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA ZOOM PADA SISWA KELAS VIII.2 SMP NEGERI 21 KOTA BEKASI TAHUN AJARAN 2020-2021. Pedagogiana : Jurnal Pendidikan Dasar, 9(8). https://doi.org/10.47601/AJP.79