UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MEDIA FLASH CARD KELAS IX.1, SMP NEGERI 3 CIKARANG TIMUR , KABUPATEN BEKASI, TAHUN PELAJARAN 2018-2019

Authors

  • SAMAH DALIPAH

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.80

Keywords:

Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Media Flash Card, Cerpen, Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsic Cerpen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsic cerpen mata pelajaran bahasa Indonesia menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Media Flash Card siswa kelas IX.1 SMP Negeri 3 Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, . Kemampuan menganalisis unsur intrinsic cerpen yang dimakud dalam penelitian ini adalah kemampuan menganalisis unsur intrinsic cerpen dengan indicator alur cerita, penokohan, latar belakang, gaya Bahasa, sudut pandang, tema, dan amanat. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas kelas IX.1 SMP Negeri 3 Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes,unjuk kerja, observasi dan catatan lapangan. Instumen yang digunakan adalah lembar observasi rating scale siswa dan guru, lembar soal isian singkat dan lembar catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa menganalisis unsur intrinsic cerpen. Berdasarkan penelitian ini, Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Media Flash Card dapat meningkatkan kemampuan menulis kemampuan menganalisis unsur intrinsic cerpen

References

Arsyad, Azhar. 2005. Media

Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif

Mengembangkan media

Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Djamarah. 2008. Guru dan Anak Didik.

Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Mulyasa.H.E. 2009. Praktik Penelitian

Tindakan Kelas, PT. Remaja

Rosdakarya, Bandung

Noor, Redyanto. 2009. Pengantar

Pengkajian Sastra. Semarang:

FASindo

Sukiman. 2012. Pengembangan Media

Pembelajaran. Yogyakarta:

Pedagogia

Rohayati, Eti, dkk. 2006. Sistem

Informasi Manajemen Pendidikan,

Jakarta: Bumi Aksara.

Rohman,Minanur.2010 Peran Glenn

Doman Sebagai Metode

Pembelajaran Membaca Pada Anak

yang Mengamami Cedera Otak,

Jakarta: Gramedia

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi

Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media Group

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi

Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grasindo Persada

Suharianto. S. 2002. Dasar-Dasar Teori

Sastra. Surakarta: Widya Duta

Suharsimi Arikunto. 2012.

Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sumardjo, Jakob, dan Saini. 2004.

Apresiasi Kesusatraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative

Learning. Teori dan implikasi

Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tohirin 2003. Media Pembelajaran. Pekanbaru: UIN SUSKA

Trianto. 2010. Model Pembelajaran

Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Usman, M. Basarudin dan Asnawir. 2002.

Media Pembelajaran. Jakarta Selatan: Ciputat Pers.

Published

2021-09-19

How to Cite

DALIPAH, S. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MEDIA FLASH CARD KELAS IX.1, SMP NEGERI 3 CIKARANG TIMUR , KABUPATEN BEKASI, TAHUN PELAJARAN 2018-2019. Pedagogiana : Jurnal Pendidikan Dasar, 9(8). https://doi.org/10.47601/AJP.80