PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEMOSNTRASI SENYAP BERBANTUAN LIRIK LAGU PADA MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX.1, SMP NEGERI 4 CIKARANG TIMUR, KABUPATEN BEKASI, TAHUN PELAJARAN 2018-2019

Authors

  • MARYATI SITI HALIMAH

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.82

Keywords:

Model Pembelajaran Demontrasi Senyap, Media Lirik Lagu, Keterampilan Menulis Cerpen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis Cerpen menggunakan model pembelajaran Demonstrasi Senyap berbantuan Lirik Lagu pada siswa kelas IX.1 SMP Negeri 4 Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi. Keterampilan menulis Cerpen yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kelengkapan isi, organisasi, kosakata, bahasa, dan mekanik. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas kelas IX.1 SMP Negeri 4 Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes,unjuk kerja, observasi dan catatan lapangan. Instumen yang digunakan adalah lembar observasi rating scale siswa dan guru, lembar soal isian singkat dan lembar catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian. Isi : pada prasiklus = 54,29 ; siklus 1 = 69,59 ; siklus 2 = 74,69 ; siklus 3 = 87,89.Organisasi: pada prasiklus = 55,69 ; siklus 1 = 69,69 ; siklus 2 = 74,49; siklus 3 = 87,59. Kosakata : pada prasiklus = 55,79 ; siklus 1 = 69,89 ; siklus 2 = 74,39 ; siklus 3 = 87,39. Bahasa : Pada prasiklus = 55,49 ; siklus 1 = 69,79 ; siklus 2 = 74,89 ; siklus 3 = 87,49. Mekanik : pada prasiklus = 56,39 ; siklus 1 = 70,69 ; siklus 2 = 75,79 ; siklus 3 = 88,89 Berdasarkan penelitian ini, model pembelajaran Demonstrasi Senyap berbantuan Lirik Lagu efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen

References

Aksan, Hermawan. 2015. Proses Kreatif Menulis Puisi. Bandung: Nuansa

Darmadi, Kaswan. 2006. Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: Andi Offset

Dhieyanitri. 2014. Metode Pembelajaran “Silent Demonstration". Diakses dari http://dhieyanitri.blogspot.com/2014/01/metode-pembelajaran-silentdemonstration. html. pada 27 Juli 2018, jam 21.19 WIB.

Hakim, Arief. 2005. Kiat Menulis Artikel di Media dari Pemula Sampai Mahir. Bandung: Nuansa Cendekia.

Hisyam Zaini. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning (Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Lie, Anita. 2008. Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia.

Marwoto, 2007. Komposisi Praktis. Yogyakarta: Hanindia.

Mulyasa.H.E. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Nursito. 2000. Ikhtisar Kesusastraan Indonesia. Yogyakart: Adicita Karya Nusa.

Sumardjo,Jakob.2007.Catatan Kecil Tentang menulis Cerpen.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning. Teori dan implikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suroto. 2009. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta. Erlangga

Sutikno, Sobry. 2009. Belajar-Pembelajaran Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil. Bandung: Prospect.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Widyamartaya, A. 2005. Kreatif Mengarang. Yogyakarta. Kanisius.

Published

2021-09-19

How to Cite

HALIMAH, M. S. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEMOSNTRASI SENYAP BERBANTUAN LIRIK LAGU PADA MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX.1, SMP NEGERI 4 CIKARANG TIMUR, KABUPATEN BEKASI, TAHUN PELAJARAN 2018-2019. Pedagogiana : Jurnal Pendidikan Dasar, 9(8). https://doi.org/10.47601/AJP.82