PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN KETERAMPILAN MENGAJAR TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 3 KABUPATEN KARAWANG

Authors

  • ASEP MULYANA

DOI:

https://doi.org/10.47601/AJP.83

Keywords:

Pengelolaan Kelas, Kinerja guru

Abstract

Pada dasarnya kinerja guru ditujukan untuk mendukung kelancaran dan ketepatan pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan. Baik oleh guru maupun yang dilakukan oleh siswa, dalam pelaksanaannya belum tentu berjalan dengan baik, karena berbagai hambatan, baik yang disebabkan oleh faktor manusia maupun yang disebabkan oleh sistem atau sasarannya. Ketidaklancaran manajemen kinerja guru dan kemampuan siswa juga akan mempunyai pengaruh besar terhadap pelaksanaan tugas. Perumusan masalah : 1) Apakah terdapat pengaruh pengelolaan kelas terhadap kinerja guru di SMAN 3 Karawang, Kabupaten Karawang?, 2) Apakah terdapat pengaruh keterampilan mengajar terhadap kinerja guru di SMAN 3 Karawang, Kabupaten Karawang?, 3) Apakah terdapat pengaruh pengelolaan kelas dan keterampilan mengajar secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMAN 3 Karawang, Kabupaten Karawang?. Kesimpulan: 1) Koefisien korelasi antara pengelolaan kelas dengan kinerja guru adalah sebesar 0,805 menunjukkan hubungan yang sangat kuat karena lebih besar dari 0,5 artinya apabila terjadi perubahan pada pengelolaan kelas maka akan segera merubah kinerja guru. Sedangkan koefisien determinasinya (r2) adalah 64,8 % yang berarti kinerja guru ditentukan oleh pengelolaan kelas dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain sebesar 35,2%. 2) Koefisien korelasi antara keterampilan mengajar dengan kinerja guru adalah sebesar 0,796 menunjukkan hubungan yang kuat karena lebih besar dari 0,5, artinya apabila terjadi perubahan pada keterampilan mengajar maka akan segera merubah kinerja guru. Sedangkan koefisien determinasinya (r2) adalah 63,4% yang berarti kinerja guru ditentukan oleh keterampilan mengajar dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain sebesar 36,6%. 3) Koefisien korelasi berganda (R) = 0.841 yang berarti hubungan variabel pengelolaan kelas (X1) dan keterampilan mengajar (X2) dengan variabel terikat kinerja pegawai (Y) menunjukkan hubungan yang positif. Sedangkan besarnya koefisien determinasi atau R Square sebesar 0.708 yang merupakan pengkuadratan dari koefisien korelasi. Hal ini menunjukkan 70,8% variabel kinerja guru ditentukan oleh faktor variabel pengelolaan kelas dan keterampilan mengajar, sedangkan sisanya 29,1% ditentukan faktor-faktor lain, yang dalam penelitian ini tidak dapat diteliti

References

Azhari, Azril, (2002), Metodologi Penelitian, Bagian Penerbit Universitas Trisakti, Jakarta.

BPPN dan Bank Dunia, (1999), School Based Manajemen, Penerbit BPPN dan Bank Dunia, Jakarta.

Buchari, Zainun, (2001), Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia, Jakarta, PT. Gunung Agung.

Dessler, Gary, (2003), Manajemen Personalia, terjemahan oleh Agus Dharma, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Gaffar, (2001), Perencanaan Pendidikan Teori dan Metodologi, Penerbit P2LPTK.

George, Terry, (2000), Principle of Management, Seventh Edition 7th, Home Wood Illinois, Richard D. Irvin In.

Hasbullah, (2006), Otonomi Pendidikan, Penerbit PT. RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Maier, (2002), Manajemen Kepegawaian, Cetakan ke Lima, Penerbit Alumni Bandung.

Moh. As’ad, (2005), Psikologi Industri, Seri Ilmu Sumber Daya Manusia, Liberty, Yogyakarta.

Mulyasa E, (2002), Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

_________, (2004), Manajemen Berbasis Kompetensi, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Purwanto, (2006), Manajemen Strategik untuk Manajemen Pendidikan, Penerbit Alfabeta, Bandung, 2006.

Siagian, Sondang P., (2002), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Bumi Aksara.

Syaiful Sagala, (2004), Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat Strategi Memenangkan Persaingan Mutu, Penerbit PT. Nimas Multima, Jakarta.

Tilaar, H.A.R., (1994), Manajemen Pendidikan Nasional: Kajian Pendidikan Masa Depan, Penerbit Remaja Rosda Karya, Bandung.

William B. Werther, JR. and Keith Davis, (2002), Personnel Management and human Resuorces. Fourth Edition, Mc. Graw Hill International Edition, Management Series.

W.S Winkel, (2001), Psikologi Pengajaran, PT. Grafindo, Jakarta.

Published

2021-09-19

How to Cite

MULYANA, A. (2021). PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN KETERAMPILAN MENGAJAR TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 3 KABUPATEN KARAWANG. Pedagogiana : Jurnal Pendidikan Dasar, 9(8). https://doi.org/10.47601/AJP.83